Visual Kei Salah Satu Aliran Musik Terkenal Dari Jepang

Apa itu Visual Kei ?

visual kei

Jepang merupakan salah satu negara yang maju dibidang industri musiknya, yang terdiri dari berbagai macam jenis musik, dan salah satunya yang terkenal adalah visual kei. yang adalah penggabungan dari dua bahasa, yaitu Visual (Inggris) dan Kei (Jepang). aliran ini juga merupakan nama lain dari punk jika di negara Barat, dan jika di Jepang disebut sebagai visual kei. Visual kei biasanya mengacu pada J-Rock, yang dibawakan dengan anggota band yang memakai kostum dramatis dan image visual yang akan menarik perhatian.

visual kei

Sejarah singkat visual kei, bermula dari setelah terjadi Perang Dunia II. Ketika itu, ada sebuah komunitas yang diasingkan dari masyarakat. Mereka berkomunikasi tidak hanya melalui mulut dan tulisan, akan tetapi juga melalui penampilannya. Komunitas tersebut yang kebanyakan terdiri dari laki-laki, tampil dengan menggunakan aksesoris dan berdandan seperti perempuan. Melalui apa yang dipakai, mereka membicarakan tentang banyak hal. Namun dengan perubahan zaman yang terjadi, komunitas tersebut sempat menghilang, karena banyak orang Jepang yang lebih memilih untuk bunuh diri ketika tidak dapat mengatasi masalah yang terjadi.

Pada awal tahun sampai pertengahan tahun 2000-an, genre musik ini sedikit demi mulai kembali. Pada tahun 2007 Luna Sea menunjukkan kembali performance tunggal mereka dan X-JAPAN bereuni dan mengeluarkan single terbaru serta melakukan world-tour, dengan peristiwa-peristiwa tadi band kei lainnya ikut merasakan kesuksesan yang pernah dicapai oleh Visual Kei di masa terdahulu. Pergerakan visual kei telah bangkit total, dan perlahan namun pasti reputasi dan kesuksesan luar biasa berhasil dicapai, tidak hanya di Jepang namun juga di berbagai belahan dunia dimana kini media menyebutnya sebagai “Neo-Visual Kei.”

visual kei

Anggota band Visual Kei sering memakai make up yang mencolok, dengan gaya potongan rambut yang dramatis. Walaupun sebagian besar musisi adalah laki-laki. Anggota band sering bermake up dan memakai pakaian yang dapat dianggap sebagai feminin. Di Jepang, penggemar band  Kei sebagian besar hampir selalu terdiri dari gadis remaja dan dipasarkan secara luas dalam bentuk merchandise anggota band itu sendiri.

Beberapa contoh band kei yang terkenal dengan jenis musiknya, seperti musik rock dan hard rock, yaitu Dir en Grey, Luna Sea, dan The GazettE, musik gothic dan neoclassic yaitu D’espairs Ray, Malice Mizer, Phantasmagoria, dan Versailles, musik light rock dan pop yaitu Alice Nine, Aucifer, dan Galeyd, juga musik heavy metal dan ballad yaitu Buck- Tick, Loudness, dan X Japan. Baca juga Film Live Action yang ditungu-tunggu di tahun 2017

Pencarian Terkait

author

Penulis: