Home Souvenir Tren Gaya Berpakaian Siswa/Siswi di Jepang

Tren Gaya Berpakaian Siswa/Siswi di Jepang

by Dhiki Rahman

Tren Gaya Berpakaian Siswa di Jepang

Gaya tren pakaian ala Jepang memang sangat unik dan stylish sehingga mudah menjadi tren di seluruh belahan dunia. Seragam sekolah pun yang ala Jepang yang sering dikenal dengan sebutan seifuku sudah populer di kalangan masyarakat Jepang bahkan dunia. Dan ini lah beberapa gaya berpakaian siswa di Jepang.

  1. Gakuran

tren

Gakuran adalah seragam untuk siswa laki-laki dengan bentuk pakaiannya jas dilengkapi kancing berlambang sekolah. Gakuran dikenakan bersama celana dan sabuk berwarna hitam atau warna lainnya tapi berwarna gelap. Sepatu yang dikenakan untuk seragam ini berjenis pantofel. Ada pula beberapa sekolah yang mewajibkan siswanya untuk memakai pin pada kerah yang menunjukan sekolah atau peringkat kelas.

  1. Sailor

tren

Sailor ini seragam yang umumnya dipakai oleh siswa SMP di Jepang. Namun, seragam sailor ini juga ada yang digunakan pada sekolah menengah dan sekolah dasar. Seragam sailor ini berawal paada tahun 1920 saat Heian Jogakuin dan 1921 diperkenlakan oleh kepala sekolah Fukuoka Jo Gakuin University. Elizabeth Lee, ini adalah model yang meniru seragam digunakan oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris pada saat itu dan Lee merupakan salah satu pertukaran pelajar di Inggris.

Seragam ini umumnya terdiri dari blus dengan kerah bergaya pelaut dan gaya rok lipit. Pada saat musim dingin seragam sailor ini yang dipakai oleh siswa berlengan panjang sedangkan saat musim panas berlengan pendek. Pada blus bagian dada dihiasi oleh pita dengan berbagai variasi. Warna yang umum dalam seragam sailor ini adalah biru, putih, abu-abu, hijau dan hitam. Sepatu, kaos kaki, dan aksesoris lainnya menjadi bagian dari seragam. Pada umumnya kaos kaki seragam sailor berwarna biru tua atau putih. Dengan sepatu bergaya pantofel berwarna cokelat atau hitam yang menlengkapi seragam sailor ini.

  1. Tas Sekolah

tren

Di Jepang umumnya siswa mengenakan tas yang sama pada saat sekolah. namanya randoseru, bahannya keras dan kaku namun sangat kuat dan tahan lama dan juga harganya yang sangat mahal. Tas Sekolah ini sangat umum digunakan di seluruh jepang dan warna yang digunakan juga hanya 2 yakni hitam untuk murid laki-laki dan merah untuk murid perempuan. 

  1. Rok Siswi Jepang

tren

 

Penggunaan rok seragam sekolah di Jepang memiliki peraturan khusus. Di Negara Jepang para siswi mengenakan seragam dengan rok pendek yang sekitar 17-22 cm di atas lutut (rok mini). Tujuan dari atauran seragam dengan mengenakan rok di atas lutut sebenarnya agar membuat kaki anak gadis terlihat lebih cantik. Baca Juga, Alasan Warga Jepang Jarang Menggunakan Kendaraan Pribadi

Related Articles

Tinggalkan Balasan