Mengapa Negara Jepang Tidak Memiliki Tentara

produce48
Pesona Gadis Jepang Di Acara Produce 48
Mei 13, 2018
piala dunia
Squad Jepang Di Piala Dunia 2018 Rusia
Juli 3, 2018
Show all
tentara

Tentara berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara. Nah itu tugas tentara tapi gimana perlindungan negara yang enggak punya tentara contohnya Jepang. Kenapa negara maju seperti jepang enggak punya tentara? Masih menjadi pertanyaan, untuk itu kita cari tau yuk guys…

tentara

Ternyata Jepang mempunyai tentara, namun angkatan bersenjata di Jepang yang didirikan setelah berakhirnya pendudukan Jepang dan didirikan lagi oleh Amerika Serikat pasca Perang Dunia II. Meskipun pada sebagian besar periode pasca perang pasukan ini beroperasi terbatas pada pulau-pulau di Jepang dan tidak diizinkan beroperasi di luar negeri, dengan demikian jepang disebut negara yang tidak memiliki tentara. Namun pada tahun- tahun ini jepang berhasil membuat kesatuan militer baru.

Setelah penyerahan Jepang pada 1945, Rikugun/AD dari Kekaisaran Jepang dan Kaigun/AL dari Kekaisaran Jepang dibubarkan. Pembubaran ini dilaksanakan bersamaan dengan pengesahan konstitusi Jepang yang baru pada 1947, dengan adanya Artikel 9 Konstitusi Jepang yang melarang pembentukan suatu satuan militer Jepang untuk menghindari agresi terhadap negara lain. Jadi udah jelas alasan mengapa jepang tidak memiliki tentara yaitu untuk menghindari agresi terhadap negara lain.
Tapi bagaimana Jepang menjaga keamanan negaranya?

Negara Jepang telah menetapkan kebijakan baru terkait keamanan dari pendekatan militer yang bersifat soft power serta mengenyampingkan kemungkinan penggunaan kekuatan militer menjadi asertif sebagai upaya collective self-defense, keamanan tersebut terpaksa dilakukan oleh negeri sakura ini akibat perkembangan isu keamanan di wilayah Asia Timur, terutama dari negara Korea Utara dan China yang bisa merugikan Jepang.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menjelaskan perubahan kebijakan yang menjadi perubahan terbesar bagi pertahanan Jepang sejak pembentukan militer pasca-perang pada 1954 diperlukan demi menghadapi tantangan. Salah satu implikasi dari warisan masa Perang Dunia II atas sejarah kelam militerisme Jepang adalah negara itu tidak memiliki angkatan perang atau angkatan bersenjata, melainkan Pasukan Bela Diri Jepang.

Pada faktanya, Jepang memiliki kemampuan secara mandiri membuat sistem persenjataannya yang modern, termasuk meluncurkan kapal perang penjelajah kelas Hyuga, yang lebih mirip dan berkemampuan sebagai “kapal induk mini”.
Jadi nih guys jepang memang tidak memiliki tentara, namun jepang memiliki Pasukan Bela Diri yang setara dengan angkatan militer negara lain. Baca juga, Pesona Gadis Jepang Di Acara Pencarian Bakat Produce 48

Tinggalkan Balasan