TATA CARA MAKAN YANG BENAR DI JEPANG 

 

Jepang merupakan Negara yang terkenal dengan berbagai teknologinya yang canggih. Dengan majunya Negara ini, adat istiadat dan kebiasannya pun tetap diingat, seperti table manner nya. Berikut adalah tata cara makan di Jepang yang benar:

  1. Sikap duduk ketika makan

seiza

Dalam beberapa acara resmi di Jepang, tradisi makannya tetap dijaga. Meja besar sudah umum untuk dijadikan tempat makan bersama, terlebih meja yang digunakan memiliki ukuran yang lebih tinggi. Dan mereka tidak duduk di bangku, melainkan lesehan. Orang disana biasanya akan makan dengan sikap duduk melipatkan kaki, biasanya disebut Seiza. Bila kamu perhatikan, dibawah kaki tersebut disediakan bantalan tipis untuk menahan tulang bergesekan dengan lantai. Selain itu, lantainya pun dilapisi alas jerami yang biasa disebut tatami. Jadi ga usah takut kesemutan, semua penyebab kesemutan sudah diminimalisir.

  1. Oshibori

bori

Oshibori adalah handuk untuk membersihkan tangan sebelum menyantap makanan. Sesuai dengan etika di Jepang, Oshibori hanya digunakan untuk tangan, tidak baik jika oshibori digunakan Oshibori untuk membersihkan anggota badan lainnya. Setelah oshibori digunakan, harus lipatkan kembali dan diletakkan ke tempat yang semula.

  1. Mengucapkan kalimat Itadakimasu

Tradisi dari orang Jepang yaitu sebelum menyantap makanan, mereka akan mengucapkan itadakimasu yang artinya selamat makan. Akan tetapi sebelum menyantap makanan, masyarakat Jepang biasanya akan memuji makanan yang telah disediakan oleh tuan rumah untuk menghargainya dan sebagai ungkapan terima kasih. Setelah selesai makan, etikanya orang Jepang akan mengatakan Gochisosama sebagai tanda terima kasih pada orang yang menyediakan makanan.

  1. Chawan

chawan_opt-1

Nasi di Jepang disajikan dengan cara dikepal-kepal dan dilapisi rumput laut yang kita kenal dengan sebutan onigiri. Hal ini sudah menjadi kebiasaan walau pun pembuatannya sedikit merepotkan. Nasi yang tidak dibentuk onigiri bisa menggunakan chawan untuk tempat nasinya. Selain itu, penggunaan chawan pun diharuskan menggunakan tangan kiri dan sumpit dipegang dengan tangan kanan.

  1. Ohashi

shii_opt-1

Di Jepang penggunaan sumpit pun harus diperhatikan karena bila salah akan membuat orang disekitarnya sensitif. Ketika mulai menyantap makanan, jangan mulai memegang sumpit terlebih dahulu, pertama-tama harus memulai memegang chawan. Setelah chawan ditempatkan dimeja atau dipegang oleh tangan kiri, baru boleh mulai mengambil sumpit. Setelah makanan habis, sumpit bisa diletakan disamping chawan seperti semula.

  1. Kanpai

sake5_opt-1

Kanpai disebut juga bersulang. Pada masyarakat Jepang, seseorang menyeduhkan minuman ke gelasnya sendiri dianggap kurang sopan. Bila ingin menuangkan minuman, peganglah botol tersebut dengan kedua tangan kamu lalu di tuangkan mulai dari orang yang lebih tua terlebih dahulu, kemudian orang-orang sekitarnya, dan yang terakhir untuk diri sendiri. Jika sebagai orang yang minumannya dituangkan, harus memegang gelas air tersebut dengan kedua tangan sebagai tanda terima kasih. Setelah semua orang sudah terisi minuman, barulah menyebutkan “Kanpaiiii.”. Baca Juga, Lagu Terpopuler Jepang