Suku Ainu Adalah Penghuni Asli Pulau Jepang

0
96
suku ainu

Suku Ainu Di Jepang

Jepang adalah salah sat negara yang dikenal sebagai negara maju hingga sat ini. Namun tahukah anda, sebelum negara Jepang ini menjadi negara super maju, ternyata pernah tercatat ada kehidupan suku aslinya yang memang jauh sekali dari kehidupan modern dan maju, yaitu Suku Ainu.

Suku Ainu Jepang ini juga diketahui menyimpan berbagai fakta menarik yang tak banyak diketahui orang-orang yang ada masa yang sudah modern ini.

Telah diyakini,  jika Suku Ainu Jepang ini adalah penduduk asli Jepang yang keberadaannya sudah ada sejak Periode Jomon. Kira-kira, Periode Jomon ini berlangsung dari sekitar tahun 14.500 SM sampai dengan 300 SM.

Fakta Bangsa Ainu Jepang

Suku Ainu sudah diyakini sebagai penduduk asli Jepang. Suku ini telah menjadi kelompok minoritas yang asa di negeri asal mereka. Diduga masih terdapat sekitar ribuan keturunan Ainu. Akan tetapi, berapa jumlah keseluruhan mereka tak bisa dipastikan. Sebab, asal-usul mereka banyak yang disembunyikan oleh suku Ainu sendiri.

Bahkan, sebagian besar orang Ainu yang masih hidup juga tidak menyadari garis keturunan mereka. Orang tua serta kakek nenek mereka justru merahasiakannya. Tujuannya untuk melindungi anak-anak mereka dari permasalahan sosial.

suku ainu

Hingga tahun 1997, pemerintah Jepang sudah melarang kegiatan budaya Ainu dengan tujuan supaya masyarakat suku ini bisa berpindah ke budaya Jepang modern. Adanya Suku Ainu Jepang juga baru diakui sekitar tahun 2008 silam.

Sebelumnya, suku ini hidup dengan cara bertani, berburu, serta menangkap ikan, namun sekarang mereka sudah hidup dengan bergantung pada perdagangan dengan turis.

Pada tanggal 15 Februari 2019, pemerintah Jepang telah menerbitkan undang-undang yang mengakui etnis minoritas Ainu menjadi suku asli negeri ini. Suku Ainu, sebagian besar tinggal di Pulau Hokkaido, karena kebijakan asimilasi paksa mereka telah lama menderita.

Penting sekali untuk menjaga kehormatan dan martabat bangsa Ainu serta menyerahkan kepada generasi selanjutnya, supaya mereka tahu jika masyarakat ini terdiri dari nilai-nilai yang berbeda.

Saat itu, ¬†kabinet juga telah membuat keputusan terhadap undang-undang dengan kebijakan supaya menjaga harga diri dari bangsa Ainu. Undang-undang ini merupakan yang pertama mengakui Ainu merupakan “bangsa asli”.

Selain itu juga menyerukan pemerintah supaya menyusun kebijaksanaan jangka panjang, diantaranya seperti mendukung komunitas dan juga mendorong perekonomian dan turisme. Baca juga, Cyber Cafe Hotel Model Warung Internet Di Jepang

Tinggalkan Balasan