Stadion Besar dan Megah di Negara Jepang

Stadion Besar dan Megah Jepang

stadion besar

Di setiap negara biasanya memiliki stadion besar sebagai tempat pertandingan olahraga. Dan di setiap negara pada umumnya juga memiliki stadion utama yang digunakan untuk acara-acara besar. Seperti di negara Indonesia yang memiliki stadion utama Gelora Bung Karno. Stadion Gelora Bung Karno ini tidak hanya digunakan untuk menggelar pertandingan olahraga saja, namun juga untuk menggelar acara-acara yang besar. Begitu pula dengan negara Jepang yang memiliki stadion megah, tak hanya untuk menggelar pertandingan olahraga saja, namun juga untuk menggelar acara besar. Berikut ini beberapa stadion R di Jepang.

  • Stadion Tokyo Dome

stadion besar

Stadion Tokyo Dome merupakan stadion bisbol yang memiliki kapasitas 55.000 tempat duduk. Stadion ini berada di Bunkyo, Tokyo, Jepang. Stadion yang berkapasitas 55.000 tempat duduk tersebut mendapat julukan Big Egg (Telur Besar).

Stadion kandang dari tim bisbol Yomiuri Giants tidak hanya digunakan untuk olahraga bisbol saja, namun juga digunakan untuk tempat pertandingan bola basket, sepak bola Amerika, sepak bola, gulat professional, seni bela diri campuran, kickboxing, balapan truk monster, dan konser musik.

 Konser yang dapat diadakan di stadion Tokyo Dome ini tidak sembarangan konser. Namun, konser yang dapat dilaksanakan di stadion yang megah ini adalah konser yang besar dengan penyanyi atau artis yang memiliki fanbase besar. Oleh karena itu, sering kali stadion Tokyo Dome menjadi simbol popularitas. Jika ada artis yang dapat menyelenggarakan konser di stadion Tokyo Dome, maka dapat dikatakan bahwa artis tersebut telah mencapai kesuksesannya di Jepang.

  • Stadion Internasional Yokohama

stadion besar

Stadion Internasional Yokohama atau juga dikenal dengan Stadion Nissan adalah stadion sepak bola yang berada di Yokohama, Jepang. Stadion yang merupakan markas dari tim sepak bola Yokohama F. Marinos ini selesai dibangun pada 1 Maret 1998 dengan kapasitas kursi penonton hingga mencapai  72.327 orang.  Stadion Internasional Yokohama pernah dipakai untuk menggelar pertandingan Piala Dunia FIFA 2002. Pertandingan yang digelar pada Piala Dunia saat itu adalah tiga pertandingan babak penyisihan grup dan pertandingan final.

Stadion Internasional Yokohama juga menjadi favorit para turis untuk berkunjung wisata. Saat melakukan kunjungan ke stadion ini para turis akan diajak tur keliling stadium yang meliputi kunjungan ke ruang ganti, terowongan pemain, area VIP dan beberapa pameran yang sedang dilangsungkan di sana. Stadion besar ini juga pernah digunakan oleh idol asal Jepang yakni AKB48 untuk mengadakan konser.

  • Stadion Hanshin Koshien

stadion besar

Stadion Bisbol terbesar kedua di jepang ini pada awalnya merupakan stadion terbesar pertama di Asia yang selesai dibangun pada 1 Agustus 1924 dan merupakan kandang dari klub bisbol legendaris Hanshin Tiger dengan kapasitas awal adalah 55.000 penonton, dan kini stadion ini telah direnovasi beberapa kali untuk menaikan kapasitas mejadi 60.000 kemudian 80.000 penonton. Namun untuk renovasi terbaru pada stadion besar ini kapasitasnya diperkecil menjadi 47,808 untuk memberikan ruang bagi penonton VIP, Wartawan serta Museum dan Mall di stadion tersebut.

Stadion yang terletak di Kota Nishinomiya prefektur hyogo ini merupakan stadion paling keramat dan paling populer di jepang. Mengapa demikian, dikarenakan stadion ini dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan tahunan Turnamen Koshien atau turnamen nasional SMA seluruh Jepang yang, merupakan acara terbesar dan paling populer seantero jepang, sama halnya seperti Super Bowl di Amerika, dan Rating Koshien merupakan yang tertinggi di jepang. Itulah sebebnya Stadion ini adalah tempat yang paling digemari warga jepang

  • Stadion Saitama

stadion besar

Stadion Saitama yang dibuka pada 1 Oktober 2001 ini akan selalu memberi kenangan kepada publik negeri Sakura karena sejarahnya sebagai salah satu bagian penting dalam menggelar turnamen terbesar yakni Piala Dunia. Stadion ini juga merupakan kandang dari klub sepak bola kenamaan jepang yakni Urawa Reds Diamond

Selama Piala Dunia 2002, Stadion Saitama menggelar empat pertandingan, masing-masing duel penyisihan Grup F antara Inggris melawan Swedia dengan skor akhir imbang 1 – 1, kemudian laga dari grup H antara Jepang dengan Belgia yang berakhir 2 – 2, serta penyisihan Grup E saat itu antara Kamerun yang menang dengan skor 1 – 0 dalam menghadapi Arab Saudi. Stadion Saitama ini juga yang menjadi saksi lolosnya Brasil ke Final setalah membekuk Turki dengan skor akhir 1 – 0 yang ditentukan oleh gol semata wayang dari Ronaldo.

Stadion terbesar kedua di Jepang setelah stadion Yokohama ini adalah stadion yang lebih diminati oleh para penonton untuk menyaksikan pertandingan karena tidak ada lintasan lari di pinggir lapangan. Stadion Saitama memang didesain seperti stadion yang ada di Inggris, yang tidak memiliki lintasan lari di pinggir lapangan. Tempat penonton dengan lapangan hanya dibatasi oleh papan iklan sehingga akan lebih terasa nyaman saat menyaksikan pertandingan.

  • Stadion Ajinomoto dan Stadion Olimpiade di Tokyo

Terakhir adalah 2 Stadion yang terletak di Ibukota jepang Tokyo yang mana selain memiliki stadion bisbol besar, juga memiliki 2 stadion sepakbola nan megah yaitu Stadion Ajinomoto yang berkapasitas 50.000 dan juga stadion baru yang baru akan rampung pada Olompiade 2020 mendatang yang akan memiliki kapasitas 68.000 penonton dan merupakan stadion pengganti stadion utama nasional jepang yang telah dirubuhkan tahun 2015 kemarin

Stadion Ajinomoto merupakan kandang dari 2 klub ibukota yakni FC Tokyo dan Tokyo Verdy. Stadion ini juga merupakan salah satu stadion penyelenggara piala dunia 2002 lalu yang mana dibuka setahun sebelum Pembukaan piala dunia 2002 di Korea dan Jepang. Sedangkan untuk stadion baru olimpiade yang belum selesai pengerjaannya akan dijadikan tempat penyelenggaraan pembukaan Olimpiade 2020 dan juga pertandingan Rugby World cup yang akan berlangsung di tahn 2019. 

Nah itu dia Stadion besar dan termegah yang dapat kami simpulkan saat ini, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untu para pembaca sutekiji ya.Baca juga, Mie Ramen, Makanan Legendaris dari Jepang

Pencarian Terkait

Beri rating artikel ini!
Tag:
author

Penulis: 

Penulis Dan Pemilik Web Sutekiji yang Mencintai Jepang dan Berkeinginan Menjadi Warga Jepang Kelak .