Sistem Pendidikan Yang Digunakan Oleh Negara Jepang

ninja terakhir
Ninja Terakhir yang Menguasai Jurus Ninja yang Sebenarnya
Juli 1, 2017
drama jepang
Drama Jepang Adaptasi Anime Terpopuler di Tahun 2017
Juli 25, 2017
Show all
sistem pendidikan

Sistem pendidikan di jepang

Sistem pendidikan di jepang mencakup pendidikan formal di sekolah, pendidikan masyarakat yaitu pendidikan seumur hidup dan pendidikan moral dirumah. Wajib belajar di Negara Jepang tak jauh berbeda dengan Negara kita di Indonesisa yaitu pendidikan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama untuk penduduk berusia 6 tahun sampai 15 tahun.

sistem pendidikan

Warga negara terdaftar yang memiliki anak yang memasuki usia wajib belajar akan menerima pemberitahuan untuk segera memasukkan anaknya ke sekolah. Mayoritas warga Jepang yang telah menyelesaikan pendidikan sekolah menengah pertama akan melanjutkan ke sekolah menengah atas.

Sekolah Negeri di jepang yang merupakan sekolah umum diselenggarakan oleh pemerintah prefektur yaitu pemerintah kota, meskipun sebagian ada yang diselenggarakan juga oleh pemerintah pusat. Sedangkan sekolah swasta diselenggarakan oleh badan hukum.

sistem pendidikan

Pendidikan anak usia dini memang tidak termasuk kedalam pendidikan yang diwajibkan di Jepang, namun meskipun begitu pemerintah tetap menyediakan sekolah TK atau yang disebut dengan Youchien di Jepang. Selain Youchien/TK ada juga Hoikuen yang kita kenal dengan istilah Day Care. Tetapi dijepang perbedaan antara Youchien dan Hoikuen hanya terletak pada waktu dan jam pelajarannya saja.

Jam belajar Youchien dimulai dari jam 8.50 sampai 13.30, sedangkan jam belajar Hoikuen sudah dimulai sejak pukul 07.00 sampai dengan 19.00. Di Jepang Hoikuen memang diperuntukkan untuk anak-anak yang orang tuanya berkerja dan tidak ada orang lain yang dapat menggantikan orang tuanya menjaga mereka. Maka dari itu salah satu persyaratan pendaftaran anak masuk ke sekolah ini adalah melampirkan surat keterangan bahwa kedua orang tua anak yang bersangkutan berkerja.

Di Jepang Tahun pelajaran dimulai pada bulan April, KBM (Kegiatan Belajar Mengejar) berlangsung selama 5 Hari untuk Sekolah Negeri, yaitu pada hari senin sampai jumat. Sedangkan Sekolah swasta berlagsung selama 6 hari, yaitu senin sampai sabtu.

Satu tahun ajaran terbagi menjadi 3 (tiga ) catruwulan yang dipisahkan oleh liburan singkat sesuai pergantian musim, seperti musim semi, dan musim dingin serta libur musim panas yang sedikit lebih panjang. Tetapi di beberapa tempat akan sedikit berbeda, seperti di Hokaido dan ditempat – tempat lain yang banyak turun salju, libur musim dingin lebih panjang dan sebaliknya libur musim panas lebih pendek. Baca juga, Ninja Terakhir yang Tersisa dari Jepang

 

Mike Ria Fransisca
Mike Ria Fransisca
Biodata Mbak Mikenya Nyusul ya ... Boleh lihat lihat Facebooknya dulu

Tinggalkan Balasan