Shogun Dalam Pemerintahan Jepang Dahulu Kala

Teknologi Robot Terbaru Yang Mutakhir dari Jepang
April 10, 2018
style
Style dan Trend Fashion Jepang di Tahun 2018
April 23, 2018
Show all

Shogun. Anda pernah mendengarnya? Ya biasanya kata shogun yang kita kenal merupakan salah satu merk type motor ya, tapi Shogun yang akan kita bahas kali ini adalah Shogun yang sebenarnya. Shogun sendiri dalam bahasa istilah memiliki arti Jenderal. Jika kita mengatakan Shogun kepada orang Jepang maka yang ada di benak mereka adalah seorang Sei-i Taishōgun yang memiliki arti Panglima Tertinggi Pasukan Ekspedisi Melawan Orang Biadab (namun jika kita split Taishōgun sendiri berarti panglima akangkatan bersenjata). Namun jabatan jendral ini dibuat diluar sistem Taihō Ritsuryō dan sejak restorasi Meiji jabatan ini dihapuskan, walaupun begitu pada kenyataannya istilah Shogun yang sudah melekat dibenak para masyarakat ini tetap digunakan dan tetap berarti jenderal dalam kemiliteran hingga saat ini.

shogun

Tak hanya sampai di situ saja loh, istilah shogun ini memiliki banyak arti lain juga. Sejak zaman Nara hingga Heian, julukan untuk jenderal yang dikirim untuk menaklukan wilayah bagian timur Jepang masih saja disebut dengan Sei-i Taishōgun atau disingkat Shogun. Adapun jabatan yang lebih rendah dari Shogun ini adalah Seiteki Taishōgun yang berarti penakluk orang bar-bar, dan jabatan lainnya adalah Seisei Taishōgun yang berarti panglima penakluk wilayah barat.

Selain itu gelar Sei-i Taishōgun diberikan kepada panglima keshogunan sejak zaman Kamakura hingga zaman Edo. Istilah shogun benar-benar sebuah istilah yang sangat dihormati oleh masyarakat Jepang sehingga istilah Shogun juga diberikan bagi mereka para pejabat Toryo atau kepala klan samurai secara turun temurun atau dengan kata lain gelar ini bisa didapat karena garis keturunannya.

Karena gelar Shogun yang sangat dihormati maka mereka yang mendapatkan gelar ini akan diangkat resmi oleh kaisar, dan dalam perannya dikepemerintahan ialah berperan sebagai kepala pemerintah atau penguasa Jepang. Karena gelar shogun yang sangat dihormati, terkadang negara lain berfikir bahwa shogun adalah gelar untuk raja jepang, padahal pada kenyatannya secara resmi shogun hanya diperintah dari istana kaisar dan bukan penguasa jepang. Kekuasaan sesungguhnya tetap berada ditangan Kaisar Jepang.

Itu dia info mengenai Pemerintahan Shogun di Jepang pada zaman dahulu, semoga infonya bermanfaat ya. Baca juga, Teknologi Robot yang Mtakhir Di Jepang

 

Tinggalkan Balasan