Seni Beladiri Populer di Dunia yang berasal dari Jepang

Seni beladiri Populer Jepang

  1. Jujutsu

seni beladiri

Jujutsu adalah olahraga yang terdiri dari beberapa aliran beladiri dari Jepang, yang tidak mengacu pada satu macam beladiri saja, jadi Jujutsu bisa dikatakan adalah sebuah sebutan kolektif dari beberapa aliran senib beladiri yang berasal dari Negara Jepang. Jujutsu pada dasarnya adalah bentuk – bentuk pembelaan diri dari lawan yang bersifat defensif yang mengandalkan teknik – teknik Yawara Gi yaitu teknik – teknik yang bersifat fleksibel, dimana kita tidak menghadapi seranga lawan dengan menggunakan kekuatan, tetapi dengan cara menipu agar daya serangan lawan dapat berbalik dan mengalahkan dirinya sendiri. Dari seni beladiri Jujutsu ini kemudian baru lahirlah seni beladiri lain seperti Aikido da Judo, keduanya memiliki konsep defensif serupa dan tak kalah populer dari pendahulunya Jujutsu.

 

  1. Judo

seni beladiri

Setelah jujutsu, kemudian masyarakat Jepang mulai mengenal Judo. Judo adalah seni bela diri, olahraga, juga filosofi yang berakar dan lahir di Negara Jepang, Judo juga dikembangkan dari Jujutsu, Namun Jujutsu yang merupakan seni bertahan dan juga menyerang menggunakan tangan kosong atau senjata pendek dikembangkan menjadi Judo oleh Kano Jigaro pada tahun 1882. Olahraga Judo menjadi model dari seni beladiri Jepang, Gendai Budo yang dikembangakan dari sekolah Koryu, sekolah tua. Orang yang bermain Judo disebut Judoka atau Pejudo, seiring perkembangannya hingga sekarang Judo telah menjadi cabang olahraga resmi di Olimpiade.

 

  1. Karate

seni beladiri

Karate pertama kali masuk ke Jepang lewat Okinawa. Dahulu seni beladiri ini disebut tote yang mempunyai arti tangan china, pada pertama kali masuknya karate ke Jepang yang pada masa itu nasionalisme di Jepang sedang tinggi – tingginya, sehingga Sensei Gichin Funakoshi mengubah kanji Okinawa yang semula Tote yang memiliki arti tangan china kedalam kanji Jepang menadi Karate yang memiliki arti tangan kosong dengan tujuan agar dapat lebih mudah diterima oleh masyarakat Jepang. Kata karate itu sendiri terdiri dari dua dua kanji. Yang pertama adalah kara yang berarti kosong, dan berikutnya adalah te yang berarti tangan, sehingga kedua kanji tersebut mempunyai arti tangan kosong.

Itu dia beberapa seni beladiri populer sedunia yang banyak kita ketahui, dan beberapa seni beladiri diatas sering diadakan pada Olimpiade. Baca juga, Sado Budaya upacara Minum teh ala Jepang yang tersohor 

Pencarian Terkait

Tag:
author

Penulis: 

Biodata Mbak Mikenya Nyusul ya … Boleh lihat lihat Facebooknya dulu