Seikan Tunnel Terowongan Bawah Air Terpanjang Di Dunia

 Seikan Tunnel

seikan tunnel

Pada tanggal 13 bulan Maret tahun 1988, Jepang resmi membuka saluran terowongan Seikan Tunnel, saluran terowongan jalur kereta di bawah laut yang menghubungkan antara wilayah Hakodate-shi di Hokkaido dan Prefektur Aomori di Honshu. Ini merupakan saluran terowongan bawah termegah dan terpanjang sedunia, dengan panjang keseluruhan mencapai 53,85 km. Walaupun, panjang saluran terowongan di posisi bawah laut hanya 23,3 km, lebih pendek dibanding panjang saluran terowongan yang menghubungkan Folkestone, Inggris dengan Calais, Prancis dengan panjang 37,8 kilometer di bawah laut.

seikan tunnel

Pembangunan saluran terowongan ini sebenarnya sudah direncanakan sejak zaman Taisho pada tahun (1912-1925). Namun terowongan ini baru mulai serius dikembangkan pada 1946, setelah Jepang kalah pada Perang Dunia ke II, dan adanya musibah 5 kapal feri yang menjadi tonggak transportasi rutin tenggelam karena diterpa badai angin topan pada 1954.

Pada 1955, perekonomian Jepang juga semakin membaik dan terus meningkat pesat, kebutuhan transportasi Hokkaido dan Honshu makin meningkat. Setiap tahunnya feri yang melayani perlintasan itu mengangkut 4 jutaan orang, dan angkutan kargo meningkat hampir 2 kali lipat menjadi 6,2 juta ton setahun.
Pemerintah Jepang pun mempercepat pembuatan Seikan Tunnel. Pada 23 Maret 1961, penggalian tanah untuk terowongan mulai dilakukan di Yoshioka, Hokkaido. 24 Maret 1967, penggalian terowongan dimulai di Hokkaido, dan pada 27 November 1971, upacara peletakan batu pertama untuk terowongan dilakukan.

Pembuatan Seikan Tunnel sempat terhambat pada Mei 1976, karena hampir tenggelam banjir. Tapi akhirnya bisa diatasi. Jepang juga melanjutkan pembangunan terowongan dan akhirnya rampung pada awal tahun 1988. Total lama pembangunan konstruksi terowongan ini mencapai 24 tahun, dengan total biaya US$ 3,2 miliar. Seikan Tunnel menjadi proyek terbesar abad 20.

Namun Posisi Seikan Tunnel sebagai terowongan bawah laut terpanjang dan termegah akan terpatahkan, bila kelak terowongan Gotthard Base Tunnel di Swiss diresmikan, yang rencananya pada 2017. Panjang Gotthard Base Tunnel mencapai 57,1 km wah sayang sekali ya. Baca Juga, Cafe Manga buat para mangalover

Pencarian Terkait

author

Penulis: