Ragam Kerajinan Tangan Dari Negeri Sakura

0
669

Ragam  Kerajinan Tangan Dari Negeri Sakura

 

  1. Origami

origami

Origami adalah kesenian tradisional melipat kertas dari jepang yang berasal dari kata dari ori berarti “lipat”, dan kami yang berarti “kertas” dalam bahasa Jepang,  dimulai pada pertengahan 1900an yang terus berkembang menjadi sebuah bentuk seni modern.

  1. Himomusubi

himomusubi

Himomusubi adalah seni tradisional jepang yaitu mengikat benang sehingga menghasilkan bentuk-bentuk yang indah dan dapat digunakan menjadi aksesoris. Asal kata himomusubi sendiri berasal dari himo (benang) dan musubi (mengikat).

  1. Promise Ring

promise

Promise Ring adalah kerajinan membuat aksesoris gelang yang dibuat dengan cara mengikat benang sulam. Di Jepang ada kepercayaan bahwa jika Promise Ring dibuat sambil mengucapkan permohonan yang kita inginkan. dan apabila setelah kita mengenakan gelang tersebut lalu kemudian putus , konon kepercayaannya permohonan kita akan terkabul.

  1. Etegami

etegami

Etegami adalah kerajinan tangan berupa postcard bergambar. Gambar yang ada melambangkan Negara Jepang. Jadi, ketika kita melihat tulisan dan gambar pada postcard ini kita seperti ‘menyentuh’ seni dan budaya Jepang.

  1. Kusudama

kusudama

Kusudama yang berarti Bola Obat adalah bentuk kerajinan dari Jepang yang dibuat dengan cara menyatukan beberapa seni origami menjadi satu bentuk hingga menyerupai bola. Umumnya kusudama digunakan untuk hiasan dekorasi. Asal kata kusudama yaitu berasal dari kata kusuri (obat) dan tama (bola).

  1. Kurumie

kurumie

Kurumie adalah seni kerajinan tradisional yang sudah ada dari jaman Edo. Kurumie adalah gambar 3D yang dibuat dari kapas/busa yang dibungkus dengan kertas washi dan kertas origami. Karena berasal dari busa yang dibungkus maka kerajinan ini diberi nama “Kurumie (wrapping picture)”.

  1. Shodo

shodo

Seni Shodo adalah seni kaligrafi asal Jepang. Shodoo adalah seni tradisional dari Jepang  yang berumur cukup lama dengan sejarah sepanjang 1300 tahun.

  1. Washi Ningyoo

washi-ningyo

Washi Ningyoo adalah salah satu dari seni budaya klasik dari Jepang. Terbuat dari kertas yang disebut kertas Washi, washi biasanya dibuat menggunakan serat dari kulit pohon gampi.

  1. Manga

english-manga-anime-lesson-3-638_opt

Manga merupakan kata komik dalam bahasa Jepang; di luar Jepang, kata tersebut populer untuk digunakan khusus dalam membicarakan tentang komik Jepang. Adapun orang yang menggambar Mannga disebut Mangaka. Baca Juga, Oricon Chart Tangga lagu Jepang

 

 

 

Tinggalkan Balasan