putra mahkota jepang

Putra Mahkota Jepang Pangeran Naruhito Siap Menggantikan Sang Ayah

putra mahkota jepang

Tanggal 23 Februari 2016 yang lalu, Putra Mahkota Jepang Pangeran Naruhito merayakan ulang tahunnya yang ke-57. Sang pangeran menikah dengan seorang mantan diplomat, yaitu Masako Owadadi tahun 1993, dan telah memiliki seorang putri bernama Aiko yang lahir pada tahun 2001.

Dalam peringatan ulang tahunnya, Ia mengumumkan bahwa Ia siap menjadi kaisar menggantikan Ayahnya, Kaisar Akihito. Terdapat sebuah panel pemerintah yang memungkinkan bahwa Kaisar Akihito (berusia 83 tahun) akan turun takhta karena kondisi kesehatannya yang memburuk.

Pada Agustus lalu ia mengungkapkan kekhawatirannya bahwa kondisi fisiknya akan membuatnya kesulitan menjalankan tugas-tugas negara. Kaisar Akihito sebelumnya telah menjalani operasi jantung dan pengobatan kanker prostat. Karena itu, panel pemerintah tengah mempertimbangkan langkah-langkah yang harus diambil agar Akihito dapat turun takhta, dan untuk sementara posisinya digantikan oleh Pangeran Naruhito pada 1 Januari 2019.

putra mahkota jepang

Pangeran Naruhito dan sang adik Akishino beserta istri

Pangeran Naruhito mengatakan, ia sangat tersentuh ketika Kaisar Akihito mengungkapkan keinginanya untuk turun takhta. Pangeran Naruhito mengungkapkan bahwa ia menerima keinginan kaisar dengan tulus dan melaksanakannya dengan sungguh-sungguh disepanjang waktu sebagaimana ia melakukan tugas-tugasnya. Ia menambahkan, dirinya akan terus melanjutkan jejak Kaisar Akihito yang selama ini telah bekerja keras untuk menyembuhkan luka akibat Perang Dunia II yang dipicu serangan Jepang ke pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat, Pearl Harbour pada era Kaisar Hirohito.

Dalam kesempatan yang sama, Naruhito menjawab soal peran keluarga kekaisaran di masa depan. Ia mengatakan bahwa sama halnya seperti bagaimana sebuah angin baru akan bertiup, sangat tergantung pada periodenya. Peran keluarga kekaisaran pun telah berubah dari waktu ke waktu. Ia ingin terus mencari tahu peran apa yang harus dijalankan keluarga kekaisaran menanggapi kebutuhan yang ada.

Bersama sang ayah Kaisar Akihito

Jika Naruhito jadi kaisar maka pewaris berikutnya adalah sang adik, Pangeran Akishino. Ini dikarenakan konstitusi Jepang tidak mengizinkan perempuan naik takhta. Putra Pangeran Akishino, Hisahito berada dalam urutan pewaris takhta ketiga.

Sebuah foto pun dirilis untuk memperingati hari ulang tahun Naruhito di mana ia tampil bersama Putri Masako dan Putri Aiko. Beberapa waktu lalu berembus kabar bahwa Putri Aiko menderita sakit. Juru bicara rumah tangga kekaisaran mengatakan, tidak ada perkembangan istimewa terkait dengan kesehatan Putri Aiko. Sementara itu, sang putri diketahui sempat absen selama enam bulan dari sekolahnya. Pangeran Naruhito menyatakan bahwa untuk sementara waktu Putri Aiko tidak enak badan, hal itu memicu kekhawatiran. Namun berkat dukungan Putri Masako, ia kini telah kembali untuk menjalani kehidupan sekolah seperti biasa. Baca juga, Wahana Bermain Impian Tokyo Disneyland dan Disneysea