Menilik Keindahan Alam dan Budaya Pulau Shikoku
Culture Travel

Menilik Keindahan Alam dan Budaya Pulau Shikoku

Pulau Shikoku

      Jepang adalah salah satu destinasi wisata favorit liburan yang lagi booming untuk turis Asia. Terutama orang Indonesia yang lagi musim liburan cocok nih Gaes. Aku kasih tau nih Gaes sebelum berlibur di Jepang itu enggak cuma Tokyo, Sapporo, dan gunung Fuji. Tapi Jepang juga punya Pulau Shikoku, belum tau kan gaes pulau Shikoku?

Oke aku jelasin nih Gaes tentang apa aja yang ada di pulau Shikoku. Sejarahnya pulau  ini, pulau terbesar ke empat di kepulauan Jepang. Nama Shikoku sendiri berarti empat kerajaan, meskipun kerajaan tersebut telah lenyap namun sekarang ada empat prefektur (termasuk ibu kota). Jadi pulau Shikoku ini dibagi menjadi 4 prefektur yaitu Tokushima, Kagawa, Ehime dan Kochi.

Di pulau Shikoku ada beberapa hal yang bisa membuat pulau ini begitu menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan yang pertama nih Gaes pemandangan alamnya itu enggak baik dianggurin kamera. Secara umum pulau Shikoku sangat populer bagi mereka yang suka adventure petualangan bisa juga hiking keren abis Gaes. Pulau Shikoku memang memiliki area pegunungan yang masih begitu murni, jadi kalok ingin merasakan kebudayan Jepang yang masih begitu kental ya cuma di  Shikoku. Nah di Jepang itu kurang lebihnya ada 12 kastil , 4 diantaranya ada di pulau Shikoku, yaitu Marugame Castle (Marugame), Kochi Castle (Kochi), Matsuyama Castle (Matsuyama), dan Uwajima Castle (Uwajima).

pulau shikoku

Selanjutnya aku kita bahas empat prefektur tadi ada apa aja disana. Prefektur Tokushima menerapkan konsep kota tanpa limbah, kota ini temanya lingkungan hidup dan ada juga pengelolaan sampah di Kamikatsu. Prefektur  Kagawa adalah dunia pencinta seni dan arsitektur, karena dipenuhi oleh berbagai museum yang dirancang oleh arsitek ternama Tadao Ando. Prefektur  Ehime menyuguhkan bangunan- bangunan kuno, kastil, taman, kuil dan onsen- Onsen dari view menarik. Prefektur Kochi ada sungai Shimano yang digunakan untuk wisata Arum jeram Nang disini tempatnya cocok untuk camping, memancing dan aktivitas air lainnya.

Pulau Shikoku selalu menjadi tuan rumah beberapa festival besar seperti Yosakoi dan Awa Odori yang digelar pada bulan April dan Oktober. Untuk kuliner dipulau Shikoku setiap prefektur berbeda- beda, Tokushima memilik sudachi (buah situs hijau seperti jeruk nipis), Kagawa terkenal udonnya sebagi buah tangan, Ehime makan khasnya jeruk Mandarin manisnya, dan prefektur Kochi hidangannya bonito (katsuo) sejenis ikan tuna kecil yang dibakar dan disantap saat masih panas.

Sebelum mendarat di Jepang Gaes sebaiknya kita ketahui dulu kondisi cuaca atau iklim di Jepang. Jepang memiliki 4 musim dimana pergantian musim terjadi setiap 3 bulan sekali, musim- musim ini nih yang sangat menentukan kunjungan kita di Jepang nantinya. Empat musim itu musim semi haru, musim panas Natsu , musim gugur aki , dan musim dingin fuyu. Jangan sampai karena  tidak tahu pergantian musim di Jepang bisa mengganggu liburan yang sudah kita rencanakan dengan baik ke pulau shikoku.

Baca juga, Mengapa Jepang Kekurangan Tenaga Kerja?

Post Comment