PENAMBAHAN KATA UNTUK MEMANGGIL NAMA ORANG  DI JEPANG

how_opt-1

Kebiasaan masing-masing Negara sudah pasti berbeda-beda. Contohnya di Jepang, sering kali kita saat membaca komik Jepang atau pun menonton anime dan film Jepang, mendengar orang memanggil nama orang lain dengan tambahan di belakang nama seseorang, seperti san, kun, dan lainnya. Ada beberapa cara untuk memanggil orang lain dalam Bahasa Jepang. Cara memanggil tersebut dipengaruhi tingkat kedekatan/­keakraban dengan lawan bicara, faktor usia, kedudukan dalam suatu organisasi, dan senioritas. Berikut penjelasan mengenai penambahan sebutan di belakang nama di Jepang.

  1. mechan_opt-1San さん.

Diartikan sebagai Saudari, Saudara, Bapak, Ibu, Tuan, Nyonya, Nona, dan lainnya. Penggunaan kata “san” dapat dipakai pada nama orang lain baik laki-laki maupun perempuan untuk memberi kesan kita menghormati dia. Contohnya seperti Miko-san = Saudari Miko, Hiro-san = Tuan Hiro.

  1. SAMAさま。

Kata “sama” memiliki arti lebih tinggi dan lebih sopan daripada “san”. Digunakan untuk menyebut nama kaisar, raja, Tuhan dan orang-orang yang sangat dihormati. Contohnya Oosama = raja.

  1. KUNくん。

Kata “kun” digunakan untuk memanggil orang yang sudah sangat akrab dengan kita (khusus adalah laki-laki), dapat juga dipakaiuntuk memanggil anak laki-laki yang lebih muda dari kita. Di Jepang, “kun” biasa digunakan dibelakang Namae (nama diri sendiri), bukan dibelakang Myouji (atau family name / nama keluarga). Contohya jika namanya Teppei Koikee, kalau sudah akrab bisa dipanggil dengan Teppei-kun. Lebih baik jangan sembarangan menggunakan kata “kun” kepada orang yang belum akrab. Karena dapat membuat orang tersebut tersinggung, akan lebih baik menggunakan kata yang sopan.sen-1

  1. CHANちゃん。

Kata “chan” biasa dipakai di belakang Namae. Kata ini digunakan untuk memanggil anak kecil dan mempunyai kesan yang dipanggil masih imut. Contohnya seperti tokoh komik Shin-chan, dan lainnya. Selain itu ketika orang Jepang memanggil pasangannya dapat juga menggunakan “chan.” Contohnya jika namanya Ichigo bisa disingkat jadi Ichi-chan. Baca Juga, 3 Kedai Ramen Terbaik di Jepang