Pasar Musik Jepang Yang Jadi Nomor 1 Di Asia

Pasar Musik Jepang

Musik jepang menjadi salah satu jenis musik yang sangat digemari, karena banyak lagu jepang yang terkenal dan sukses jadi booming. Indusri musik jepang menghasilkan $ 2.628 miliar, industri musik di jepang telah mengalami pertumbuhan yang didukung adanya undang- undang anti pembajakan CD yang ketat dan hukum atas unduhan ilegal. Masyarakat jepang juga konservatif, lebih banyak orang memilih penggunaan compack disk dan layanan musik digital seperti streaming dibanding membajak sebuah lagu dengan hukuman yang setimpal.

Kenapa lagu jepang menjadi penjualan terbesar?

Karena harga CD album rata rata berkisar 3000 yen atau sama dengan 353.600 rupiah isinya 2 sampai 4 lagu. Jadi CD atau DVD sangatlah mahal di jepang harga tersebut sama dengan produk digital. Rata rata harga 1 lagu di itunes adalah 250 yen, penjualan CD di jepang hampir dua kali lipat naik pada kuartal pertama tahun ini dan pendapatan berbasis CD naik 92%. Bahkan, 80% pendapata dari pasar jepang berasal dari penjualan fisik CD.

Selain dengan album, CD dan DVD, banyak juga lagu jepang terbaru yang di jadikan soundtrack anime jepang yang sangat populer dikalangan remaja. Lagu yang sudah hits ataupun booming pasti akan masuk oricon chart yang merupakan singkatan original confidence di gawangi, oleh group perusahaan jepang yang bergerak dalam bidang layanan informasi musik. Seperti tangga lagu dan tangga album.

Supaya lagu lagu jepang semakin populer anime memang menjadi media yang efektif untuk mempopulerkan musik jepang. Biasanya sebuah anime akan menggunakan lagu opening dan lgu ending, untuk itu menjadi soundtrack anime merupakan salah satu cara mendongkrak lagu lagu di jepang menjadi populer.

pasar musik

Salah satu musik yang mendongkrak industri musik jepang adalah AKB48 yang di buktikan dengan adanya Jkt48 di indonesia selain itu banyak juga artis korea selatan yang terjun ke permusikan jepang. Tidak bisa di pungkiri jepang merupakan pasar musik terbesar di asia dan bisa dibilang no 1 di asia. Baca juga, Kemeriahan Perayaan Tahun Baru di Jepang

Pencarian Terkait

Beri rating artikel ini!
Tag:
author

Penulis: