Oricon Chart Tangga Lagu Jepang

Oricon Chart Tangga Lagu Jepang

 style

Oricon Chart yang merupakan singkatan dari “Original Confidence di gawangi oleh Group Perusahaan Jepang yang bernama Oricon (オリコン?) yang juga bergerak di bidang layanan informasi musik, seperti tangga lagu dan tangga album. Layanan yang diberikan Oricon seperti layanan yang diberikan oleh  majalah Billboard dari Amerika Serikat.  Nama Oricon di masyarakat Jepang sangat identik dengan tangga lagu, ataupun album.

Adapun tangga lagu “Oricon Chart” terbit dalam beberapa edisi: harian, mingguan, dan bulanan, yang akan diurutkan menurut genre lagu pop, Barat, enka, permainan video, angka penjualan DVD serta peringkat iklan di televisi yang menjadi favorit pemirsa dengan rating tertinggi. Adapun Majalah Oricon Style yang dikeluarkan oleh perusahaan serupa bernama Oricon Entertainment.

oricono

Roppongi Hills, Minato. Kantor Pusat Oricon inc

Sejarah tangga lagu Oricon awal terbit dalam bentuk edisi trial pada November 1967 (adapun yang menyebutkan bulan Mei 1967). Tapi tangga lagu Oricon mulai terbit secara resmi pada  Januari 1968. Grup musik pertama yang berhasil menduduki puncak tangga lagu (singel) Oricon Chart adalah Kurosawa Akira & Los Primos dengan lagunya yang bertajuk  “Love You Tokyo”. Meskipun sebelumnnya ada Jackey Yoshikawa & his Blue Comets dengan lagunya yang berjudul “Kitaguni no Futari” sudah terlebih dahulu menduduki puncak tangga lagu Oricon Chart edisi trial atau percobaan yang berhasil bertahan selama dua minggu berturut-turut. Peringkat atas versi album (piringan hitam)berhasil di duduki oleh Shinichi Mori dengan judul album Hana to Namida/Mori Shinichi no Subete.

Pengumpulan data chart untuk tangga lagu mingguan Oricon Chart bakan berlangsung selama 7 hari, yang dimulai pada hari Senin dan berakhir pada akhir pekan. Data yang dikumpulkan antara lain berupa angka penjualan CD atau DVD, dan juga buku. Setelah hari Minggu yang merupakan batas waktu untuk pengumpulan data, chart direkap dan akan diumumkan setiap hari Selasa di minggu berikutnya.

oriconweb

Tapi pada hari Selasa, akses tangga lagu Oricon masih hanya dapat dilakukan lewat ponsel di Negara Jepang dan belum di posting pada  situs web. Tangga lagu Oricon akan mulai diumumkan di situs web pada keesokan harinya yaitu hari rabu secara gratis. Baca Juga, 3 Gadis Jepang dalam Girlband Twice

 

Pencarian Terkait

Beri rating artikel ini!
author

Penulis: 

Biodata Mbak Mikenya Nyusul ya … Boleh lihat lihat Facebooknya dulu