Olahraga Sumo Yang Dilestarikan Dari Jaman Kuno

0
282
olahraga sumo

OLAHRAGA SUMO

sums_opt-1

Siapa sih yang tidak mengenal kata sumo? Ya, sumo adalah salah satu olahraga tradisional yang berasal dari Negeri Sakura alias Jepang. Dan olahraga sumo sudah dikenal oleh seluruh dunia, tentu saja banyak orang yang tertarik untuk menonton pertandingan sumo ini. pesumo memiliki badan yang sangat gemuk agar kuat mempertahankan posisinya saat bertanding.

Sumo adalah olahraga gulat yang bertujuan saling menjatuhkan lawan, dengan cara dorong mendorong keluar dari lingkaran atau terjatuh di dalam lingkaran ring (dohyo). Biasanya semakin gemuk atau besar tubuh pemainnya semakin besar kemungkinan dia dapat mendorong atau menjatuhkan lawannya dari ring.

Olahraga Sumo merupakan peninggalan abad VIII Masehi. Ada yang bilang pada zaman pra sejarah sumo dipergakan sebagai ritual sembahyang untuk keberhasilan panen. Selain itu, sumo juga terkait sebagai ritual agama shinto, yaitu sebagai acara untuk menghibur para dewa agama suku asli jepang tersebut. Pertandingan sumo mulai dikenal sejak Zaman Edo, tepatnya ketika Kaisar Oda Nobunaga berkuasa pada abad XVI di Jepang. Bentuk  tempat  pertandingan diadaptasi dari periode tersebut sedangkan para pesumo saat itu adalah samurai-samurai yang berusaha mencari nafkah tambahan. Sekarang ini pegulat sumo profesional diatur oleh Asosiasi olahraga Sumo Jepang yang mulai terbentuk pada tahun 1927 di Osaka.

sumoi_opt-1

Selain hadiah dari tiap pertandingan, pesumo juga mendapatkan gaji tiap bulan dari Ky Kai. Jumlah gaji ditentukan dari peringkat yang diraih secara berurutan mulai dari teratas, peringkat pesumo terdiri dari Makuuchi, Juryo, Makushita, Sadanme, Jonidan dan Jonokuchi. Dua golongan pesumo terataslah yang mendapat gaji, sedangkan peringkat pesumo yang paling bawah hanya mendapatkan uang saku sekedarnya. Sistem peringkat yang telah digunakan sejak Zaman Edo ini diperoleh berdasarkan prestasi dari pertandingan –pertandingan yang diikuti oleh pesumo.

Asosiasi olahraga sumo memberikan peraturan ketat dalam kehidupan pesumo, seperti tidak diperbolehkan berkendara sendiri untuk menghindari kecelakaan, di tempat umum mereka harus mengenakan baju tradisional jepang dan rambut klimis (seperti samurai pada Zaman Edo), dan pesumo tidak boleh sarapan pagi dan dianjurkan tidur siang setelah makan banyak. Makanan pesumo berupa chankonabe terdiri dari berbagai macam ikan sampai 6, daging dan sayur-sayuran dan nasi. Pesumo harus makan-makanan  tinggi  kalori hampir 8000 kalori supaya bertambah gemuk agar nantinya bisa menang. Pola hidup seperti ini sangat berbahaya bagi kesehatan mereka karena menimbulkan penyakit diabetes, darah tinggi dan jantung. Karena rata- rata pesumo memiliki harapan hidup sampai 65 tahun, 5 – 10 tahun lebih pendek daripada rata-rata harapan hidup pria Jepang normalnya. Baca Juga, Lokasi Nyata Dalam Anime Naruto

Tinggalkan Balasan