Mitsubishi Regional Jet (MRJ) Pesawat Komersil Jepang

Mitsubishi Regional Jet (MRJ) Pesawat Komersil Jepang

Perjalanan menggunakan pesawat terbang kini bukan hal yang istimewa lagi. Siapapun kini dapat dengan mudah menggunakan jasa transportasi ini. Selain harganya yang kian beragam, pemesanan  tiketnyapun  juga semakin mudah. Tak aneh jika persaingan di jasa transportasi penerbangan kini semakin ketat. Jepang negeri seribu teknologi pun tak mau ketinggalan akan persaingan ini.

mitsubishi regional jet

Mitsubishi  Regional Jet atau MRJ adalah pesawat komersil pertama yang di produksi oleh negara matahari, Jepang. Mitsubishi Heavy Industries dan Toyota Motor bekerjasama untuk membuat pesawat komersial.

Mitsubishi Regional Jet (MRJ) melakukan uji penerbangan pertamanya pada tanggal 11 bulan 11 tahun 2015, dengan selamat. Saat ini kedua perusahaan raksasa Jepang yaitu Mitsubishi dan Toyota baru mengeluarkan dua  jenis pesawat yaitu MRJ70 dab MRJ90, sedangkan MRJ100x masih dalam proses pematangan.

Bila melihat fuselage dari MRJ ini, secara sekilas anda akan langsung teringat dengan Embraer 190, tapi tentunya mereka berbeda. Klaim dari Mitsubishi sendiri mengatakan bahwa cabin MRJ lebih tinggi dan lebih lapang jika dibandingkan dengan milik Embraer.

mitsubishi regional jet

MRJ memiliki kapasitas penumpang sekitar 75-90an orang, karena pesawat ini memiliki fuselage yang slim seperti Embraer 190 dan konfigurasi tempat duduknya seat 2-2.

Pesawat yang memiliki nose streamline ini dibekali mesin dari Amerika, Pratt & Whitney (PW) seri 1217G diketahui secara official untuk menjadi penghasil tenaga bagi pesawat yang memiliki winglet ini. MRJ  juga dikatakan  cukup hemat bahan bakar, rendah perawatan, dan  mesinnya cukup  senyap.

Setiap varian MRJ baik itu MRJ70 dan MRJ90 memiliki  tiga seri  diantaranya Standard, Extended Range, dan Long Range. Perbedaan diantara setiap varian  (salah satunya) terletak pada MTOW (Maximum Takeoff Weight) dan  juga jarak  tempuh pesawat cukup menjadi perbedaan pada setiap serinya. Untuk seri Long Range manjadi seri tertinggi  karena dapat menempuh jarak hingga 3.770 dengan 88 penumpang untuk MRJ90 LR.

Mitsubishi sebagai perwakilan dari negaranya Jepang, kini sudah semakin merambah dunia penerbangan komersial. Nampaknya Indonesia mempunyai saingan yang cukup berat ya.

Nah bagi anda yang  ingin melihat bagaimana “first fligtnya” MRJ sudah tersedia di Youtube. Baca Juga, Honda v4 Sepeda Motor Masa Depan

Pencarian Terkait

author

Penulis: 

Penulis Kami yang Lahir pada 10-05-1988 Merupakah Penulis Artikel yang sudah lama wara wiri di berbagai Blog dan Social Media Lainnya Mau tau Infonya lebih lengkap silahkan mengikutinya di Jejaring sosial cc cory ya .