Mie Ramen, Makanan Legendaris Asal Jepang

Mie Ramen, Makanan Legendaris Dari Negri Jepang

mie ramen

Beragam makanan khas jepang yang sangat populer di indonesia memang sangat menarik para pecinta kuliner di negeri kita ini, seperti misalnya takoyaki, shasimi, sushi ataupun ramen. Banyak sekali cafe – cafe yang menjajakan menu menu khas jepang ini berjamur di indonesia. Tapi apakah kita tahu bagaimana sejarah dan asal muasal makanan jepang yang sering kita santap? yaa seperti mie ramen ternyata memiliki sejarah yang unik yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Mie ramen pertama di dunia dibuat pada tahun 1910 di Jepang, dahulu kala seorang chef asal china membuat sebuah signature dish di restoran Rairaikan Tokyo. Dia mencoba membuat makanan dari mie china yang berwarna kuning dan teksturnya elastis dengan kuah kaldu. Mie ini kemudian diberi nama shina soba sebagagai cikal bakal mie ramen modern.

mie ramen

Saat itu penggunaan kata shina dianggap sebagai simbol agresi imperialis serta dianggap ssebagai sebuah bentuk penghinaan rasis yang mengerikan, maka pada saat itu kata shina soba diganti menjadi kata chuka soba, penggunaan kata chuka soba ini tidak bertahan lama karna setelah tahun 1958, sebuah perusahaan mie instan ternama dijep0ang mengeluarkan produk chuka soba pertama dalam bentuk mie instan yang diberi nama chikin ramen.

Kata ramen yang dari Tulisan Kanjinya adalah ‘ Ra’ yang artinya menarik, dan ‘men’ yang artinya mie, kata ramen tersebut bisa dikatakan juga sebagai sebuah kuliner yang pembuatannya melalui proses tarik menari adonan.

mie ramen

museum ramen di osaka

Yang menjadi lebih menarik lagi bahwa telah dibangun sebuah museum  yang terletak di daerah tokyo dan osaka yang mana menampilkan berbagai sejarah dari makanan legendaris yang satu ini, museum ramen yang satu ini banyak menceritakan sejarah seputar mie ramen instan, dan museum mie ramen ini berdiri sejak tahun 1958 sampai sekarang,  tak hanya itu, anda juga bisa berkreasi dengan mendesign kemasan cup noodle, setelah mendesign kemasan anda juga dapat meracik mulai bentuk sampe rasa sesuai selara anda.

Untuk para pecinta kuliner jepang, jangan sampai melewatkan kisah dibalik terlahirnya mie ramen, jadikan museum mie ramen ini sebagai agenda wisata kuliner anda. Baca juga, Rena Matsui si Cantik Pecinta Makanan Pedas

Pencarian Terkait

Beri rating artikel ini!
Tag:
author

Penulis: 

Biodata Mbak Mikenya Nyusul ya … Boleh lihat lihat Facebooknya dulu