Mengetahui Macam Jenis Mochi

0
244

Mengetahui Macam Jenis Mochi di Jepang

Udah pada tahu belum dengan yang namanya Mochi ? kalau masih ada yang belum tahu nih kita beritahu apa sih itu Mochi, Namanya kaya orang lagi bersin aja. Mochi itu merupakan salah satu makanan khas dari Negeri Sakura Jepang, jenis penganan ini terbuat dari beras ketan atau pulut yang ditumbuk dengan lesung hingga mendapatkan kekenyalan yang pas, kemudian didalamnya biasanya diisi dengan kacang tanah, biasanya yang menumbuk mochi 2 orang yang satu memukul dan yang satu lagi menggoyang adonan yang ada di dalam lesung agar ketan tadi bisa kenyal dan empuk saat dimakan .

Di Jepang sendiri terdapat acara khusus untuk memperingati hari mochi dengan melakukan perayaan membuat kue Mochi beramai ramai dan saling memukul mochi yang sudah direndam semalaman secara bergantian. Perayaan tersebut dinamakan Mochitsuki, dan acaraya bebeda disetiap musim . Oleh karena itu banyak jenis mochi dan isi berbeda yang dapat ditemukan di seluruh jepang, karena masyarakat jepang sangat kreatif dalam membuat jenis makanan walaupun rasanya terkadang aneh . 

Berikut ini merupakan beberapa jenis mochi yag populer di Jepang : 

  • Mochi Warabi

Namanya tetap mochi, namun memiliki perbedaan dengan jenis mochi lainnya. Tekstur dari mochi Warabi lebih seperti jeli dan lebih kenyal. Mochi Warabi ini disajikan dalam bentuk potongan-potongan jeli yang kemudian ditaburi dengan serbuk kacang kedelai yang dikenal dengan nama kinako. Untuk menikmati satu set mochi Warabi, umumnya akan disajikan dengan sirup gula merah kental di atasnya.

  • Mochi Kagami

Mochi ini merupakan mochi disaat tahun baru.  Mochi ini menjadi hiasan tradisional untuk merayakan tahun baru. Mochi ini terdiri atas 2 buah mochi yang ditumpuk dan di bagian atasnya disimpan buah jeruk. Umumnya, mochi Kagami ini disimpan di dalam rumah di sebuah altar (untuk penganut Shinto) yang disebut dengan kamidana. Mochi Kagami ini juga umum disimpan di bagian tengah rumah. Mochi Kagami ini sekarang juga mudah ditemukan di berbagai supermarket atau minimarket di Jepang terutama pada saat menjelang dan ketika tahun baru tiba. Umumnya bagian jeruknya diganti dengan hiasan berbagai karakter yang lucu seperti manekineko.

  • Mochi Sakura

 

Dari namanya mochi ini identik dengan salah satu musim yup jenis mochi yang hadir pada saat musim semi. Musim semi artinya adalah musim berkembangnya bunga-bunga (bunga musim semi) salah satunya yang terkenal adalah bunga Sakura. Mochi Sakura merupakan jenis mochi yang memiliki isi pasta kacang merah. Uniknya, mochi Sakura ini dilapisi dengan daun Sakura yang bisa dimakan bersamaan dengan mochinya. Warna dari mochi Sakura ini umumnya berwarna pink keunguan yang sama dengan warna pink bunga Sakura. 

Hari Hinamatsuri (Hari Anak Perempuan) dan pesta hanami (pesta khusus menikmati sakura) tidak lengkap tanpa sakuramochi. Sesuai dengan kelekatannya dengan sakura, mochi yang satu ini sengaja diwarnai merah muda. Berisikan pasta kacang merah, sakuramochi dibungkus dengan daun sakura yang sudah diacar.

  • Mochi Issho

Mochi yang satu ini pasti mudah di bedakan karena ukuranya yang besar dan berat, mochi yang memiliki berat sekitar 2 kg. Mochi Issho ini identik dengan perayaan ulang tahun pertama seorang anak. Di Jepang ada tradisi ketika seorang anak merayakan ulang tahun pertamanya, ia akan menggendong mochi Issho di punggungnya. Tradisi ini dilakukan sebagai simbol dan harapan orang tua untuk anaknya agar selama hidupnya tidak akan pernah mengalami kesulitan dengan makanan.

  • Mochi Kashiwa

Mochi Kashiwa merupakan jenis mochi yang akan sangat mudah ditemui di bulan Mei. Pada bulan Mei tepatnya pada tanggal 5 ada perayaan atau festival untuk anak laki-laki yang diberi nama Kodomo no hi. Mochi Kashiwa merupakan jenis mochi yang identik dengan perayaan ini. Mochi ini sama seperti jenis mochi umumnya, memiliki isi pasta kacang merah, namun ada yang juga mochi Kashiwa yang berisi pasta miso dan pasta ubi. Nama mochi Kashiwa berasal dari daun yang digunakan untuk melapisi mochinya, yaitu daun dari pohon Kashiwa. Daun Kashiwa ini berfungsi sebagai hiasan dan pemberi aroma saja pada mochi dan tidak bisa dimakan.

Nah itu dia beberapa Jenis Mochi yang akan anda temui saat berkujug ke Jepang, sebelum jalan jalan kesana perlu mengetahui dulu jenis makanan unik ataupun khas supaya tau kapan bisa didapatkan, dan disaat acara apa saja kita dapat mejumpainya . Baca Juga, Tata Cara Makan yang benar di Jepang

 

 

Tinggalkan Balasan