Editor Pick Manga

Manga Manhwa dan Manhua dan Penjelasannya

Manga Manhwa dan Manhua

                Manga Manhwa maupun Manhua adalah komik yang berasal dari negara berbeda, namun semua komik tersebut masih memiliki kesamaan yaitu berasal dari negara yang berada di Asia. Berikut pembahasan tentang beberapa komik tersebut.

  • Manga

manga manhwa

Manga bagi pecinta komik Jepang kata tersebut pastinya sudah tidak jarang lagi melintas di telinga. Manga merupakan komik yang berasal dari negara samurai yakni Jepang. Manga adalah komik yang dibuat di Jepang, kata Manga khusus digunakan untuk memperbincangkan tentang seputar komik Jepang. Hal tersebut sesuai dengan gaya yang dikembangkan di Jepang pada akhir abad ke-19. Kata Manga dilekati dengan prasejarah yang panjang dan sangat rumit di awal kesenian Jepang. Mangaka ialah orang yang menggambar Manga.

  • Manhwa

manhwa

Manhwa sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Manga, namun istilah manhwa ini dilekatkan karena komik ini berasal dari Korea. Manhwa merupakan istilah umum di Korea untuk sebuah komik dan kartun print atau juga dapat untuk kartun animasi. Kata Manhwa ini berasal dari pengucapan Korea. Karena Korean-style menyebut Manga dengan Manhwa. Orang yang menciptakan Manhwa disebut dengan Manhwaga.

  • Manhua

manga

Manhua juga isinya masih seputar komik, sehingga Manhua ini masih tidak jauh berbeda dengan Manga maupun Manhwa. Manhua adalah komik yang dibuat di Cina, Hongkong, dan Taiwan.

Penjelasan di atas merupakan perbedaan beberapa komik dari asal negaranya. Untuk pembahasan yang lainnya berikut penjelasannya.

Isi Cerita (Umumnya)

                Manga pada umumnya bercerita tentang manusia yang memiliki kekuatan super power, kekuatan super tersebut terdapat pada fisik ataupun sisi lain seperti otak. Cerita dalam Manga biasanya tersaji dengan adanya komedi yang mewarnai cerita tersebut. Bahkan dalam cerita Manga yang mengangkat tema gore atau sad sekalipun tidak lepas dari komedi yang disisipkan dalam cerita tersebut.

Manhwa rata-rata  menceritakan tentang kisah dengan mengusung tema percintaan, untuk sisi komedinya tidak begitu menonjol. Untuk menyaksikan komedi dalam cerita Manhwa pun jarang ditemui karena memang komedi jarang disisipkan pada cerita Manhwa.

Manhua biasanya menyajikan cerita dengan tema kungfu sehingga isi ceritanya cenderung pada perkelahian yang menggunakan ilmu bela diri.

Gambar

Manga dalam menyajikan gambar pada karakter cewek biasanya imut, cute, memiliki mata yang besar dan badan yang kecil, namun tidak semua karakter seperti itu. Sedangkan untuk karakter cowok terlihat dengan wajah yang tampan berpadu cute, tak lupa juga wajah karakternya tetap terlihat muda. Gambar yang tersaji biasanya terkesan melebih-lebihkan kenyataan yang ada.

Manhwa dan Manhua memperlihatkan wajah dan badan karakter dengan gambar dan warna yang keren seperti boyband dan girlband Korea. Biasanya dengan mata yang tidak terlalu besar, wajah yang tirus, badan yang seksi, dan wajah yang terlihat dewasa. Gambar yang ditampilkan pun terlihat lebih realistis dibanding dengan gambar karakter pada Manga.

Nama Karakter

                Nama yang dipilih untuk karakter utama pada Manga umumnya yaitu mengambil dari judul Manga itu sendiri. Sedangkan nama karakter pada Manhwa biasanya dibuat dengan sangat keren. Berbeda dengan keduanya jika Manhua sudah dapat ditebak jika nama karakternya bakal ke China-chinaan.

Cara Membaca

Jika ditinjau dari sudut cara membaca, ternyata antara Manga, Manhwa, dan Manhua terdapat perbedaan. Perbedaan cara membaca tersebut yaitu jika Manga cara membacanya dari sisi kanan ke sisi kiri, sedangkan untuk cara membaca Manhwa dan Manhua dari sisi kiri ke sisi kanan atau dari sisi atas ke sisi bawah.

Nah itu dia pengertian dan penjelasan dari ketiga jenis komik dari Jepang, Korea dan Cina yakni Manga manhwa dan manhua . Semoga Bermanfaat. Baca Juga, Sword Art Online  Ordinal Scale Tayang di CGV

Post Comment