Makna Dari Seorang Geisha

0
291
makna dari seorang geisha

MAKNA DARI SEORANG GEISHA

gesi_opt

Makna dari Seorang Geisha – Geisha memiliki arti yaitu “orang seni” atau orang yang terampil dalam seni tradisional Jepang seperti musik, tari, menyanyi, dan upacara minum teh. Geisha pada awalnya dilakukan oleh pria, akan tetapi sedikit laki-laki yang tertarik untuk menjadi Geisha, sehingga wanita yang melakukannya sekarang. Geisha sangat umum pada abad ke-18 dan abad ke-19, dan masih ada sampai sekarang ini, walaupun jumlahnya tidak banyak. Geisha belajar banyak bentuk seni dalam hidup mereka, tidak hanya untuk menghibur pelanggan tetapi juga untuk kehidupan mereka.

Rumah-rumah geisha (“Okiya”) membawa gadis-gadis yang kebanyakan berasal dari keluarga miskin dan kemudian melatih mereka. Semasa kanak-kanak, geisha seringkali bekerja sebagai pembantu, kemudian sebagai geisha pemula (maiko) selama masa pelatihan. Sebagian wanita yang menjadi geisha merupakan mantan pelacur, tapi sebagian besar tidak. Geisha memiliki hierarki dan kode etik yang ketat. Saat mereka mendekati usia magang, okiya akan bernegosiasi dengan geisha senior untuk menjadi mentor magang dan mendapatkan sebagian upah si adik sebagai biaya pelatihan yang dulu telah diberikannya.

fis_opt

Pergeseran makna mengenai Geisha sedikit demi sedikit telah berubah. Di Jepang banyak laki-laki yang kurang puas pada rumah tangganya sendiri, maka ia mencari Geisha untuk menghiburnya dengan menari, melawak dan menyanyi. Sehingga banyak laki-laki mencari Geisha sebagai pelarian hidupnya. Dari sinilah pergeseran makna Geisha berubah menjadi seorang wanita penghibur. Seorang Geisha mungkin memiliki pelindung pribadi atau danna.

Geisha in Tokyo.
Geisha in Tokyo.

Hubungan ini biasanya bersifat seksual, meskipun terjadi di luar lingkungan kerja normal. Danna pada umumnya seorang pria kaya yang mampu membayar biaya sekolah, pelajaran, resital pribadi, dan bahkan pakaian seorang geisha. Dengan memiliki danna, seorang geisha mampu memutuskan hubungan dengan okiya dan hidup secara mandiri jika dia menginginkannya.

Sampai saat ini pekerjaan menjadi Geisha masih ada, akan tetapi mengalami penurunan dari tahun ke tahun, namun masih ada wanita jepang yang menerapkannya. Wilayah Jepang yang paling terkenal dengan Geisha nya adalah Kyoto. Geisha memiliki beberapa hal yang rahasia dan tidak boleh dilakukan saat sedang menghibur, yaitu tidak boleh terlihat sedih apalagi menangis, tidak boleh menerima dan memberi cinta, tidak boleh memilih cinta, dan tidak boleh terlihat emosional apalagi melakukan kekerasan. Dan tugas Geisha sebenarnya yaitu melestarikan kebudayaannya, menghibur dan membuat orang lain bahagia. Baca Juga, Produk Aneh Namun Inovatif

 

memoir-geisha_opt

poster memoirs of a geisha

Tinggalkan Balasan