Festival Place

Makna Dari Bunga Sakura Di Jepang

MAKNA DARI BUNGA SAKURA DI JEPANG

sakut_opt

Makna dari Bunga Sakura – Negara Jepang juga disebut sebagai Negeri Sakura. Karena tanaman jenis ini sangat banyak dijumpai di tiap sudut kota Jepang. Bahkan, tak sedikit orang beranggapan bahwa Bunga Sakura merupakan tanaman asli Jepang, dan itu memang benar adanya.Meski tanaman ini hanya sekedar bunga, namun bagi masyarakat Jepang Bunga Sakura menyiratkan makna yang begitu dalam.

Pohon sakura yang mulai memekarkan kuncup-kuncup bunganya, merupakan tanda berakhirnya musim dingin yang beralih menjadi musim semi. Saat itulah Bunga Sakura yang tengah mekar seolah menjanjikan kecerahan, serta masa depan yang penuh harapan bagi masyarakat Jepang.

Bunga sakura bersama dengan bunga seruni, merupakan bunga nasional Jepang yang mekar pada musim semi, yaitu sekitar akhir Maret hingga akhir Juni. Sakura dapat terlihat di mana-mana di Jepang, diperlihatkan dalam beraneka ragam barang-barang konsumen, termasuk kimono, alat-alat tulis, dan peralatan dapur. Bagi orang Jepang, sakura merupakan simbol penting, yang kerap kali diasosiasikan dengan perempuan, kehidupan, kematian, serta juga merupakan simbol untuk mengeksperesikan ikatan antarmanusia, keberanian, kesedihan, dan kegembiraan. Sakura juga menjadi metafora untuk ciri-ciri kehidupan yang tidak kekal.

naker_opt

Selain itu, mekarnya bunga sakura juga menjadi pertanda kesejukan, keheningan, dan kebahagiaan mendalam yang dirasakan oleh masyarakat Jepang. Sedangkan saat Bunga Sakura mulai berguguran, menandakan perpisahan atau kehangatan yang akan segera berpamitan.

Beragam makna yang dianut oleh masyarakat Jepang perihal Bunga Sakura, membuat masyarakat Jepang merayakan mekarnya Bunga Sakura yang disebut dengan festival Hanami. Dalam festival tersebut, seluruh masyarakat Jepang berpesta dalam keteraturan dan larut dalam kebahagiaan.

Mekar dan gugurnya bunga sakura juga dianggap sebagai makna janji. Meski bunga sakura berguguran, namun bunga ini akan menjanjikan sebuah kebahagiaan, yang nantinya  diwujudkan dengan mekarnya kembali Bunga Sakura.

Ternyata selain memiliki makna mendalam, sakura juga dapat dikonsumsi. daun dan bunga sakura yang sudah direndam di dalam air garam (shiozuke) dimanfaatkan untuk bahan makanan karena wanginya yang harum. sakura mochi adalah kue mochi yang dibungkus daun sakura. Ada juga es krim dan kue kering rasa bunga sakura. Teh bunga sakura umumnya diminum pada kesempatan istimewa seperti pesta pernikahan. Ranting dan kuncup bunga sakura juga digunakan sebagai bahan pewarna alami. Baca Juga, Festival Ganjil Genap di Jepang

wekura_opt

Ada juga beberapa tempat yang tepat untuk melihat keindahan bunga sakura, seperti:

  1. Daerah Kanto: Tokyo: Taman Ueno (Taito-ku), Taman Shinjuku-gyoen (Shinjuku-ku), Taman Sumida (Sumida-ku), Taman Koganei (kota Koganei), Taman Inogashira (kota Musashino).
  2. Daerah Tokai: Prefektur Gifu: Taman Usuzumi/Neodani (kota Motosu), Pinggir Sungai Shinsakai (kota Kakamigahara), Kamagatani (kota Ikeda).
  3. Daerah Kansai:
  • Prefektur Osaka: Taman Istana Osaka (Osaka), The Mint Bureau (Osaka), Taman Expo ’70 (kota Suita).
  • Prefektur Hyogo: Taman Istana Himeji (kota Himeji), Taman Akashi (Kota Akashi), Taman Shukugawa (Nishinomiya).

Prefektur Nara: Taman Nara (kota Nara), Pegunungan Yoshino (kota Yoshino), Taman Kooriyamajoshi (Yamato Kooriyama).

Itu dia beberapa Makna dari bunga sakura, semoga bermanfaat ya.

Post Comment