Kuil Kuil Terindah Di Jepang

0
248

KUIL KUIL TERINDAH DI JEPANG

 

Jepang merupakan negara yang sebagian besar memiliki kepercayaan Shinto. Sehingga jumlah Kuil Shinto di Jepang mencapai 77.000 buah kuil. Jumlah ini bahkan lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah mini market di seluruh Jepang. Berikut Kuil Shinto terindah di Jepang.

  • Kuil Yasukuni

yasukuni

Kuil Yasukuni adalah sebuah kuil Shinto yang terletak di Chiyoda, Tokyo, Jepang. Kuil ini dibangun oleh Kaisar Meiji untuk mengenang orang yang meninggal dunia untuk Kekaisaran Jepang semasa Restorasi Meiji. “Buku Jiwa” milik Kuil Yasukuni terdapat nama-nama, tempat lahir, dan tempat kematian 2.466.532 pria, wanita, dan anak-anak, mulai dari Perang Boshin 1867 hingga Perang Dunia II. Sesuai dengan kepercayaan Shinto, kuil ini dijadikan tempat tinggal untuk Kami atau arwah semua abdi Jepang, termasuk abdi kekaisaran (orang Korea dan orang Taiwan), serta warga sipil yang meninggal dunia untuk kaisar karena ikut serta (dipaksa atau atas kemauan sendiri) dalam konflik-konflik yang melibatkan Jepang sebelum tahun 1951.

  • Kuil Meiji

meiji

Kuil Meiji terletak di Shibuya, Tokyo. Kuil Meiji didedikasikan untuk memuja arwah Kaisar Meiji dan istrinya, Permaisuri Shoken. Kuil ini diresmikan pada 1920, diselesaikan pada 1920, dan secara resmi tamannya selesai dibuat pada 1926. Bangunan asli kuil hancur pada saat Serangan Udara Tokyo pada Perang Dunia II. Lalu kuil ini direkonstruksi kembali atas upaya dan dana dari publik yang selesai pada Oktober 1958. Kuil Meiji menjadi salah satu tempat kunjungan pertama Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton (2009) dengan tujuan bertemu dengan pemimpin Jepang sebagai gambaran penghormatannya terhadap sejarah dan kebudayaan Jepang. Pada Januari 2010 Menteri Luar Negeri Jerman Guido Westerwelle pun memperlihatkan pengormatan yang sama ketika ia memutuskan untuk mengunjungi kuil ini.

  • Fushimi Inari Taisha

fushimi

Fushimi Inari Taisha adalah kuil Shinto yang berada di Fushimi-ku, Kyoto, Jepang. Kuil ini adalah kuil pusat bagi sekitar 40.000 kuil Inari yang memuliakan Inari. Kuil utama (honden) terletak di kaki Gunung Inari, dan tanah milik kuil mencakup gunung yang tingginya 233 meter. Inari dipercaya sebagai dewa pertanian, sehingga kuil ini dipercaya membawa berkah bagi panen palawija, kesukesan dalam perdagangan bisnis, dan keselamatan di bidang transportasi. Kuil utama dibangun tahun 1499 setelah bangunan yang lama habis terbakar sewaktu terjadi Perang Onin. Aula utama kuil ini ditetapkan sebagai warisan budaya yang penting. Sejak abad ke-17, penganut kuil Fushimi Inari memiliki tradisi membangun torii. Sekitar 10.000 torii yang berderet-deret di Gunung Inari merupakan hasil sumbangan umat.

  • Kuil Itsukushima

itsukushima

Kuil Itsukushima adalah kuil Shinto di Pulau Itsukushima (Pulau Miyajima), Hatsukaichi, Prefektur Hiroshima, Jepang. Didirikan lebih dari 1.400 tahun yang lalu, kuil Itsukushima merupakan salah satu situs peninggalan budaya Situs Warisan Dunia UNESCO yang terdaftar sejak tahun 1996. Pada zaman dulu, Pulau Itsukushima adalah pulau suci yang tidak boleh dimasuki sembarang orang. Oleh karena itu, bangunan kuil didirikan di Teluk Itsukushima dengan menyerupai sebuah bangunan dermaga. Bangunan torii berwarna oranye menyala yang terlihat bagaikan mengambang di tengah laut merupakan ciri khas kuil Itsukushima. Torii terlihat mengambang di tengah laut ketika air pasang, tetapi bisa dicapai dengan berjalan kaki ketika air surut. Pada saat air laut sedang surut, pantai di sekitar bangunan torii merupakan tempat populer untuk memunguti kerang yang bisa dimakan. Pada malam hari, bangunan kuil dan torii bermandikan cahaya dari lampu-lampu sorot yang dipasang di sekitar pantai. Baca Juga, Pekerjaan Unik dengan Gaji Tinggi di Jepang

 

 

 

Tinggalkan Balasan