KEBUDAYAAN KHAS JEPANG YANG DIKENAL DUNIA

 

Jepang merupakan salah satu negara yang sedang mendunia saat ini, dan salah satunya yang terkenal adalah kebudayaannya yang khas. Kebudayaan khas Jepang adalah sake, kimono, sumo, dan sumpit. Sehingga semua orang dapat mengetahui bahwa kebudayaan tersebut berasal dari Jepang.

  1. Sake

sake_opt-1

Sake adalah sebuah minuman beralkohol dari Jepang yang berasal dari hasil fermentasi beras. Sering juga disebut dengan istilah anggur beras. Di Jepang, kata “sake” berarti “minuman beralkohol”. Berabad-abad yang lalu, orang-orang Jepang mulai mencampurkan makanan utama mereka, beras, dengan air murni dan mikroorganisme koji untuk membuat Nihon-shu (Sake jepang), dengan mahir memanfaatkan kondisi alam dan lingkungan setempat untuk menciptakan sebuah minuman yang unik. Lautan memisahkan kepulauan Jepang dari benua Asia, dan hal ini terbukti menguntungkan untuk pembuatan sake karena orang-orang di Negeri Matahari Terbit, yang terletak di sebelah timur dari sebagian besar benua Asia Timur, mengembangkan minuman spesial mereka sendiri. Sake adalah minuman beralkohol yang didesain untuk selera orang Jepang oleh para ahli yang bebas dari pengaruhnya budaya lainnya.

  1. Kimono

kimonos_opt-1

Kimono adalah pakaian tradisional Jepang. Kimono adalah baju atau sesuatu yang dikenakan (ki berarti pakai, dan mono berarti barang). Pada zaman sekarang, kimono berbentuk seperti huruf “T”, mirip mantel berlengan panjang dan berkerah. Kimono sekarang ini lebih sering dikenakan wanita pada kesempatan istimewa. Pria mengenakan kimono pada pesta pernikahan, upacara minum teh, dan acara formal lainnya. Anak-anak mengenakan kimono ketika menghadiri perayaan Shichi-Go-San.

  1. Sumo

sumo_opt-1

Sumo adalah olahraga saling dorong antara dua orang pesumo yang berbadan gemuk sampai salah seorang didorong keluar dari lingkaran atau terjatuh dengan bagian badan selain telapak kaki menyentuh tanah di bagian dalam lingkaran. Pesumo (rikishi) perlu berbadan besar dan gemuk karena semakin tambun seorang pegulat sumo semakin besar pula kemungkinannya untuk menang. Penguasa Jepang pada abad ke-16 yang bernama Oda Nobunaga sering menyelenggarakan turnamen sumo. Bentuk ring sumo seperti yang dikenal sekarang ini berasal dari zaman Oda Nobunaga. Sumo sering dikaitkan dengan ritual dalam agama Shinto. Sampai sekarang ini, di beberapa kuil Shinto masih diselenggarakan pertarungan antara pegulat sumo dengan Kami.

  1. Sumpit

chop_opt-1

Sumpit merupakan alat makan yang biasanya digunakan oleh orang-orang Jepang. Bentuknya dua batang kayu sama panjang yang dipegang di antara jari-jari salah satu tangan. Sumpit tidak bisa dipisahkan dalam tata cara makan. Sebagian besar orang Jepang akan mematahkan sumpitnya menjadi dua bagian selesai makan. Menurut adat, apabila sumpit tidak dipatahkan, mereka akan terserang suatu penyakit akibat makanan tersebut. Bertukar sumpit, tabu dilakukan karena dapat dianggap membawa sial. Masyarakat Jepang selalu menyediakan semacam sesaji untuk arwah kerabatnya yang berbentuk semangkuk nasi dengan sepasang sumpit yang tertancap tegak lurus ditengah nasi. Baca Juga, Penambahan kata Untuk memanggil Nama di Jepang

Tinggalkan Balasan