Karuta Permainan Kartu Unik Khas Negri Sakura

Karuta, Permainan Kartu Unik dari Jepang

karuta

Jepang memiliki berbagai macam permainan khas yang unik, salah satunya permainan Karuta. Yang merupakan sebuah permainan yang menggunakan kartu bergambar. Paling sedikit dibutuhkan tiga orang dalam memainkannya, satu orang sebagai pembaca kartu, dan dua orang sebagai pemainnya. Permainan ini dimainkan sebagai tradisi tahun baru Jepang.  Di Jepang, istilah karuta dulunya berarti permainan kartu remi. Namun pada zaman sekarang, karuta berarti hanafuda dan berbagai jenis permainan yang memakai satu set kartu yang terdiri dariyomifuda yaitu kartu untuk dibaca, dan torifuda yaitu kartu untuk diambil. Setiap kartu yomifuda berisi kata-kata untuk dibacakan. Pembaca kartu adalah orang yang tidak ikut bermain, dan sekaligus berperan sebagai wasit. Permainan ini juga dimasukkan kedalam salah satu anime berjudul Chihayafuru, bagi orang yang mengikuti anime ini pasti sudah mengetahui permainan kartu yang satu ini tentunya.

karuta

 

Pada awal mulanya, permainan ini hanya dimainkan oleh para bangsawan istana dikarenakan saat itu karuta adalah sebuah benda yang cukup mahal sehingga rakyat biasa sangat sulit untuk bisa menikmati permainan ini. Di Zaman Edo, permainan karuta mulai dikenal sebagai permainan rakyat, dimana ketika itu kemajuan teknik percetakan cukil kayu sudah sangat populer sehingga harga kartu untuk bermain menjadi terjangkau oleh rakyat biasa. Seiring dengan perkembangannya, karuta kini dijadikan media pembelajaran terutama bagi anak-anak.

Dengan kartu ini, mereka mempelajari huruf-huruf, dan setelah bermain beberapa kali, biasanya mereka dengan mudah mengenali huruf dan peribahasa yang tertera di kartu. Permainan kartu ini juga dijadikan sebagai media pembelajaran Bahasa Jepang oleh sebagian warga negara asing yang tinggal disana. Karena permainannya yang cukup unik, membuatnya memiliki beberapa macam tema, bahkan beberapa pemerintah daerah di Jepang membuat permainan kartu ini dengan tema industri maupun budaya setempat untuk menarik minat masyarakat dalam melestarikan kampung halaman mereka.

karuta

pertandingan “karuta”

 

Kompetisi karuta diadakan di Jepang hampir di sepanjang tahun, yang kemudian akan diambil dua terbaik di masing-masing wilayah (biasanya wilayah Jepang Barat dan Timur). Untuk pemain karuta pria terbaik di dunia, akan diberi gelar sebagai Master/ Meijin, dan untuk wanita akan diberi gelar Queen. Dalam bermain karuta, sebelum mulai, terlebih dahulu pemain saling memberi hormat kepada pembaca kartu dan lawan bermain. Setelah itu, pemain mengacak-ngacak kartu terlebih dahulu sebelum memposisikan kartu. Pemain diberi waktu 15 menit untuk menghafal penempatan kartu posisi awal. Pemain harus berusaha secepat-cepatnya untuk menemukan dan mengambil torifuda yang cocok dengan banyak sampai yomifuda selesai dibacakan. Dalam permainan ini, yang menjadi pemenang adalah pemain yang mengumpulkan kartu terbanyak dan menghabiskan kartu di areanya sendiri. Jika sudah mendapatkan pemenangnya, pemain saling memberi hormat terlebih dahulu, baru memberi hormat pada pembaca kartu. Dengan begitu, permainan baru akan dinyatakan selesai. Baca Juga, Visual Kei, Aliran Music Band populer di Jepang

Pencarian Terkait

Beri rating artikel ini!
Tag:
author

Penulis: