Culture Lifestyle

Mengapa Jepang Kekurangan Tenaga Kerja

Jepang Kekurangan Tenaga Kerja ? kok Bisa

Hello Minna kali ini saya akan membahas tentang judul di atas nih, namun sebelum itu sebaiknya kita simak dulu tentang Negara Jepang nih Gaes. Jepang merupakan tempat lahirnya banyak industri, mulai dari industri tradisional sampai industri modern. Industri – industri tersebutlah yang kemudian menjadi penyokong perekonomian Jepang hingga saat ini. Dan yang enggak kalah keren lagi nih ya Jepang nih menjadi negara perekonomian terbesar nomor dua setelah Amerika serikat, selain itu negara matahari terbit ini juga pernah tercatat sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat sepanjang sejarah dunia. Amazing banget kan nih negara Jepang .

Namun, usut punya usut negara Jepang ini mengalami krisis tenaga kerja kok bisa ya. Mengapa Jepang kekurangan tenaga kerja? Nah kenapa coba Gaes ? Usut punya usut hal ini disebabkan oleh masalah penuaan penduduk atau pekerja lokal yang memasuki usia tidak produktif menyebabkan Jepang kekurangan tenaga kerja. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja dengan usia produktif, Jepang harus merekrut tenaga kerja asing (TKA).

Perdana menteri Shinzo Abe mengatakan bahwa ” Jepang memerlukan tenaga kerja asing untuk mencapai pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan” .

Usaha Jepang untuk menghadapi masalah saat kekurangan tenaga kerja, yaitu Pemerintah Jepang mengeluarkan kebijakan baru terkait regulasi keimigrasian. Kebijakan tersebut disebut kebijakan Residential, Pemerintah Jepang membuka peluang kerja pada 14 sektor. Adapun 14 sektor atau pekerjaan yang dibutuhkan di Jepang antara lain Care worker; Building Cleaning Management; Machine Parts and Tooling Industries, Industrial Machinery, Industry Electric, Electronics, and Information Industries Construction Industries Shipbuilding and Ship Machinery Industri, Automobile repair and maintenance. Kemudian Aviation Industry, Accomodation Industry, Agriculture, Fishery and Aqua culture, Manufacture of food and beverages dan Food service industry. Nah tuh banyak banget jabatan yang dibutuhkan, peluang besar untuk Indonesia menjadi tenaga kerja di Jepang.

jepang kekurangan tenaga kerja

“Ini adalah kesempatan bagi kita untuk mengisi jabatan-jabatan di sektor formal yang banyak dibutuhkan di sana, karena saat ini jepang kekurangan tenaga kerja” ujar Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri di Jakarta.

Apa sih alasan Jepang menyukai tenaga kerja dari Indonesia?

Alasannya karena anak mudah di Indonesia memiliki potensi yang begitu besar, tinggi minatnya, pekerja keras, sopan santun. Selain itu, masyarakat Jepang juga memegang teguh filosofi “Monozokuri“.

Apa sih itu Monozokuri ?

Nih aku kasih tau, Monozokuri berarti memiliki semangat menciptakan dan memproduksi produk- produk unggul, diimbangi kemampuan untuk terus menyempurnakan proses dan sistem produksi di dalamnya, dengan begitu filosofi ini menekankan proses produksi yang penuh ketelitian ketangguhan dan kesungguhan. Nah cocok sekali dengan generasi muda Indonesia, untuk tenaga kerja yang dibutuhkan Jepang kurang lebihnya 345000 pekerja dan gajinya 5 kali lebih besar dari Indonesia. Sekian dari aku ya cerita tentang kenapa jepang kekurangan tenaga kerja udah jelaskan, kalau berminat jadi tenaga kerja di Jepang akmu bisa daftar di Balai Latihan Kerja untuk magang ke Jepang ya. Baca juga, Ingin Menjadi Warga Negara Jepang Ini Dia Syaratnya

Post Comment