JENIS JENIS KIMONO DI JEPANG

kimo_opt-1

Mendengar kata kimono pasti orang langsung mengingat Negara Jepang. Ya, tentu saja karena kimono adalah pakaian tradisional Jepang. Kimono adalah baju atau sesuatu yang dikenakan (ki berarti pakai, dan mono berarti barang). Kimono sangatlah terkenal tidak hanya di negara asalnya Jepang tapi juga di luar Jepang. Dalam memilih jenis kimono yang akan digunakan, pastinya tidak boleh asal sembarang memilih. Kimono memiliki simbolisme dan isyarat terselubung yang dikandung dari masing-masing jenis kimono. Karena tingkat formalitas kimono wanita ditentukan oleh pola tenunan dan warna, mulai dari kimono paling formal hingga kimono yang besifat casual. Bahkkan, berdasarkan jenis kimono yang dipakai, kimono bisa menunjukkan umur pemakai, status perkawinan, dan juga tingkat formalitas dari acara yang dihadiri. Dan berikut  ini adalah beberapa jenis kimono yang ada di Jepang.

  1. Kimono Yukata

yukata

Yukata adalah kimono yang dipakai saat musim panas. Bahannya terbuat dari kain katun yang tipis tanpa pelapis. Kimono Yukata sangat sejuk saat dikenakan, karena bahannya terbuat dari katun tipis umumnya terbuat dari bahan katun tipis yang nyaman.

  1. Kimono Furisode

furisode

Kimono ini terbuat dari bahan sutra berkualitas tinggi yang memiliki tampilan warna mencolok dan bagian lengan berbentuk panjang. Biasanya dikenakan untuk seorang anak perempuan yang telah menginjak umur 20 tahun. Fungsi Kimono Furisode ini untuk melambangkan kedewasaan. Pakaian ini digunakan saat menghadiri upacara seijin shiki, resepsi pernikahan teman, upacara wisuda atau hatsumode.

  1. Kimono Tomosode

tomosode

Kimono Tomesode merupakan salah satu kimono resmi yang di pakai oleh wanita yang sudah menikah. Kimono Tomosode ini diperuntukkan bagi seorang wanita yang telah menikah. Biasanya digunakan untuk menghadiri upacara pernikahan dari kerabat dekat seperti keluarga kandung.

  1. Kimono Houmongi

houmongi

Homongi secara harafiah berarti baju untuk berkunjung. Kimono Houmongi juga dikenakan bagi seorang wanita yang telah menikah. Tetapi, kimono ini biasanya digunakan untuk menghadiri upacara minum teh maupun upacara pernikahan dari kerabat jauh.

  1. Kimono Mofuku

mofuku

Mofuku kimono disaat berduka digunakan khusus saat mengahadiri upacara pemakamam di Jepang. Kimono ini memiliki warna khas hitam, karena warna hitam melambangkan sebuah rasa duka yang mendalam.

  1. Kimono Kuro Montsuki

kimono-kuro-montsuki

Kimono ini adalah kimono yang didesain khusus untuk laki-laki sehingga gak ada pita besar yang diikatkan di bagian belakangnya. Nah, biasanya kimono jenis ini hanya memiliki warna-warna yang gelap seperti hitam, coklat dan abu-abu.

  1. Kimono Uchikake

uchikake

Kimono Uchikake adalah jenis inilah yang paling mewah karena kimono ini digunakan saat hari upacara pernikahan wanita di Jepang. Kimono inilah yang memiliki harga paling mahal dibandingkan dengan kimono-kimono lainnya. Baca Juga, Asal Mula Terbentuknya Gunung Fuji

Tinggalkan Balasan