Japan Railway Pass Untuk Berwisata Hemat di Jepang.

Bagi anda para traveler yang ingin jalan-jalan di Jepang secara hemat, anda bisa menggunakan salah satu layanan yang cukup menguntungkan bagi para turis, yaitu JRP atau Japan Railway Pass. Layanan ini dibuat oleh beberapa perusahaan besar di Jepang agar para turis bisa sedikit lebih menghemat biaya perjalanannya selama di Jepang. Melalui JRP ini anda bisa berkeliling Jepang menggunakan kereta atau bis  sepuasnya selama anda berada dijepang (kereta yang didukung oleh perusahaan penggelola JRP). Dengan JRP ini anda bisa mengunjungi tempat-tempat favorit anda sekaligus bisa berhemat hingga 30% dari tarif normal kereta maupun bis.

peta rute JR Pass

JRP ini ditunjukan khusus bagi para turis saja, pembelian tiket paket JRP ini pun hanya bisa dibeli di luar Jepang  termasuk di Indonesia. Di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Makasar, sudah menyediakan pembelian kupon paket JRP ini. Ketika anda sampai di Jepang anda harus menukarkan kupon paket JRP anda di konter-konter JRP yang sudah tersedia di stasiun maupun bandara utama di Jepang. Namun untuk penggunaannya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yaitu :

  1. Ketika anda sudah sampai di Jepang anda harus menukarkan kupon JRP yang sudah anda beli (di luar jepang), disertai dengan pasport yang sudah di cap Visa jangka pendek  dikonter-konter  JRP sudah tersedia di bandara maupun stasiun utama di Jepang.

  2. Ketika anda menggunakan gerbang otomatis di Imigrasi anda harus meminta kepada petugas agar pasport anda di cap visa jangka pendek.

  3. Dengan JRP ini anda tidak bisa menggunakan Nozomi dan Mizuho di dalam Tokaido, Sanyou Shinkansen dan Kyushu Shinkansen.

  4. Dengan JRP ini anda juga tidak bisa menggunakan bis jarak jauh seperti highway bus.

  5. Kupon JRP yang sudah anda beli memiliki jangka waktu 3 bulan hingga kupon tersebut ditukarkan di konter JRP di Jepang.

japan railway pass

Menggunakan fasilitas JRP ini tentu akan sangat menguntungkan bagi para turis, karena kita bisa naik kereta maupun bis tanpa harus khawatir jebolnya anggaran pengeluaran perjalanan, tetapi kita juga harus cermat dalam penggunaannya jangan sampai kupon yang sudah anda beli menjadi percuma hanya karena detail kecil yang kita abaikan. Baca Juga, Mitsubishi regional jet pesawat komersil asal jepang