Hario Coffee Plunger dari Produsen Asal Jepang

Hario Jepang

Saat ini banyak bermunculan vendor alat pembuat kopi yang beredar luas di pasaran, tak ketinggalan negara matahari terbit, Jepang. Hario adalah salah satu merk pembuat manual brewing asal Jepang yang sudah sangat populer dan terkenal di seluruh dunia, dan baru-baru ini mengeluarkan produk terbaiknya french press, yang digadang memiliki jaring plunger yang lebih baik dari merek lain.

Sekilas tentang produk ini, memiliki berat sekitar 200 gram, seluruh bagiannya terbuat dari kaca kecuali bagian plunger yang terbuat dari stainless dan polycarbonate. Harganya memang sedikit lebih tinggi daripada manual brew sejajarannya. Tapi tentu kualitasnya pun akan berbeda. Alat ini memiliki jaring plunger yang lebih rapat dibandingkan dengan merek lainnya. Sehingga ampas kopi benar-benar tersaring dan tidak meninggalkan sisa di cangkir.

hario

Karena bahannya yang terbuat dari kaca French press yang satu ini wajib digunakan secara hati-hati karena pihak produsen juga belum terlihat menyediakan sparepart dari setiap item dan mungkin dijual secara terpisah.

Plunger biasanya terdiri dari 3 lapisan yang dapat dibuka dengan arah melawan jarum jam. Nah tiga lapisan ini harus dibuka dan dibersihkan hingga benar-benar bersih jika sudah digunakan, jangan sampai ketika akan digunakan lagi masih tersisa bubuk kopi yang akan menggangu rasa dari kopi yang selanjutnya.

Cara menggunakannya sendiri pertama, sediakan bubuk kopi hasil gilingan dengan kecepatan medium to coarse, atau anda juga bisa menggunakan penggiling kopi yang menggunakan sistem pisau konikal. Yang jelas jangan giling kopi terlalu lembut.

hario

Setelah itu siapkan air panas dengan suhu kurang lebih sekitar 93-95 derajat celcius. Atau, diamkan air yang telah mendidih selama 30 detik maka anda akan mendapatkan suhu air 95 derajat celcius. Selanjutnya diamkan kopi yang sudah diseduh di dalam French press sekitar 4 menit saja. Jangan terlalu lama karena hasil kopi akan pahit dan jangan terlalu sebentar karena rasa kopi akan menjadi asam.

Nah itu dia sedikit ulasan mengenai Alat penyeduh kopi manual atau yang sering disebut manual brewing, yang bagi pecinta kopi sudah pasti mengenalnya. Ternyata negara Jepang juga merupakan salah satu produsen manual brewing paling top dan produknya sudah mendunia. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Baca juga, Kobe, Kota Pelabuhan yang Indah dan Menawan

Pencarian Terkait

Beri rating artikel ini!
Tag:
author

Penulis: