Gyaru Style di Kalangan Gadis Jepang

Gyaru style adalah suatu gaya busana populer di kalangan wanita muda Jepang. Istilah gyaru dipakai untuk gadis-gadis muda Jepang berusia 10 hingga 20 tahun yang memiliki gaya busana yang sangat fashionablee, mereka mengenakan busana model terbaru yang mutakhir, biasanya rambut dicat warna coklat keemasan, tata rias wajah terlihat di luar kebiasaan masyarakat Jepang pada umumnya, dan pemilihan busana yang dimix and match  agar terlihat kontroversial.

gyaru style

Gyaru pertama kali dikenal pada tahun 1980-an. Gadis muda di kota-kota Jepang pada masa itu cukup dipengaruhi oleh paham materialisme karena pada tahun tersebut merupakan puncak pertumbuhan ekonomi Jepang.

Setahu mereka, penampilan dan pakaian yang digunakan dapat membantu mereka untuk memperoleh materi yang mereka inginkan. Namun begitu, sebagian di antara  mereka tetap tampil sebagai gadis kekanak-kanakan  pada umumnya yang kurang dapat bergaul dengan teman-teman perempuan sebaya, tetapi laki-laki tetap menyukai mereka.

gyaru style

Gyaru tahun 1980-an  memiliki ciri yaitu dari kulit mereka yang berwarna coklat gelap hasil dari rekayasa salon. Tren kulit berwarna ini  berasal dari Los Angeles yang identik dengan budaya pantai dan berselancar. Hal ini dikarenakan kulit mereka merah dan tidak sedap dipandang sehingga mereka berjemur di tepi pantai agar warna kulit mereka bisa sedikit lebih gelap. Namun di Jepang pada saat itu hal ini malah dibuat tren dari gaya Gyaru.

Seiring berjalannya waktu pada tahun 2000-an, gyaru berubah menjadi dua garis besar yaitu: gyaru putih (shiro gyaru) dan gyaru hitam (kuro gyaru).

Shiro gyaru  atau gyaru putih menghargai diri  mereka sebagai gadis biasa. Mereka masih mengagumi “kulit putih indah” dan tidak terpengaruh budaya penghitaman kulit, namum walaupun begitu gaya busana mereka sama. Shiro gyaru tetap membiarkan kulit mereka berwarna putih alami.

gyaru style

Disisi lain, Gyaru hitam atau kuro gyaru selain memiliki ciri kulit mereka yang hitam ciri khas mereka lainnya adalah mengenakan rok mini, kaus kaki panjang dan longgar  atau loose  socks  serta rias  wajah ganguro. Arti ganguro sendiri adalah sangat hitam  atau wajah hitam (gan, wajah; kuro, hitam). Rias wajah ganguro didapat dari alas bedak berwarna gelap atau kulit wajah yang sudah gelap setelah pergi ke tanning salon.

Namun walaupun begitu, gaya mereka tetap keren ya. Baca Juga, Lomba Komik Mangamon bertema jatuh cinta