Cemilan Khas Jepang Yang Paling Terkenal di Dunia

0
169
cemilan khas jepang

Cemilan Khas Jepang yang Terkenal

 

Berwisata ke Jepang adalah keinginan bagi banyak orang, hal tersebut terjadi karena adanya ketertarikan Negara Jepang dari segi pemandangan alam, budaya, kuliner, bahkan karena idol-idol Jepang, yang membuat fansnya mau bertemu secara langsung dengan idol nya. Pada umumnya, semua orang tentu sudah mengetahui makanan khas Jepang yang sangat enak, terutama cemilan-cemilannya. Berikut adalah cemilan khas Jepang yang terkenal.

  1. Dorayaki

cemilan khas jepang

Dorayaki adalah makanan khas Jepang yang hampir semua orang mengetahuinya, terutama karena kartun Doraemon. Dorayaki adalah kue yang berasal dari Jepang. Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang (wagashi). Kue ini bentuknya bundar dan sedikit tembam. Dorayaki terbuat dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah. Teksturnya lembut dan mirip castella karena adonan diberi madu. Dorayaki hampir serupa dengan imagawayaki, namun berbeda bentuk dan cara memanggang. Dorayaki di Indonesia sudah disesuaikan dengan selera lokal, antara lain dorayaki berisi cokelat atau keju.

  1. Takoyaki

Takoyaki adalah nama makanan asal daerah Kansai di Jepang. Bentuknya yaitu bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm dan terbuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya. Takoyaki biasa dijual dalam bentuk set dengan 1 set berisi 5, 6, 8 hingga 10 buah takoyaki yang disajikan di atas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukkan ke dalam kemasan plastik transparan untuk dibawa pulang. Takoyaki dimakan dengan menggunakan tusuk gigi, tetapi di Tokyo dimakan dengan menggunakan sumpit sekali pakai. Penjual takoyaki selalu memberikan 2 batang tusuk gigi untuk satu orang, karena takoyaki yang ditusuk dengan sebatang tusuk gigi bisa berputar-putar sewaktu diangkat dan jatuh sebelum masuk ke mulut.

  1. Dango

cemilan khas jepang

Dango adalah kue Jepang berbentuk bulat seperti bola kecil, dan dimatangkan dengan cara dikukus atau direbus di dalam air. Adonan dango dibuat dari tepung beras yang diulen dengan air atau air panas. Kushidango adalah sebutan untuk sejumlah 3, 4, atau 5 butir dango yang ditusuk menjadi satu dengan tusukan dari bambu. Dango yang rasanya manis dibuat dengan menambahkan gula ke dalam adonan, sedangkan dango yang tidak manis dicelupkan ke dalam saus. Dango juga bisa dimakan dengan taburan bubuk kacang kedelai, dimasukkan ke dalam agar-agar atau selai kacang merah yang diencerkan dengan air. Selain dari tepung beras, dango juga bisa dibuat dari tepung terigu atau tepung millet.

  1. Taiyaki

Taiyaki adalah kue Jepang berbentuk ikan. Bagian atas kue dipanggang terpisah dengan bagian bawah kue. Setelah kue hampir matang, keduanya disatukan dengan selai kacang merah. Kue ini juga sering diisi dengan cokelat, vla, keju, atau sosis. Sama halnya dengan adonan dorayaki atau panekuk, adonan taiyaki dibuat dari campuran tepung terigu, gula pasir, bakpuder, telur ayam, dan air. Taiyaki kualitas terbaik biasanya dinilai lewat isi selai kacang merah yang sampai di bagian ekor.

  1. Yakitori

cemilan khas jepang

Yakitori adalah sate khas dari Jepang yang umumnya menggunakan daging ayam. Potongan daging, kulit, hati, jantung, dan hempela dipotong kecil ukuran sekali gigit, ditusuk dengan tusukan bambu, lalu dibakar dengan api arang atau gas. Satu tusuk Yakitori umumnya hanya berisi satu jenis bagian ayam, yang terdiri dari 3 sampai 5 potongan daging ayam tidak pernah dicampur dengan potongan hati atau jantung. Sebagai variasi, ada juga Yakitoriya yang mencampur potongan besar daun bawang dan jamur shiitake kedalam tusukan Yakitori. Ada Yakitori yang tidak berbumbu dan tidak bersaus melainkan hanya dimakan dengan taburan garam, tetapi pada umumnya Yakitori yang sudah dibakar dicelupkan ke dalam saus yang terbuat dari kecap asin, mirin, arak, dan gula sehingga Yakitori mempunyai rasa manis-manis asin.

Itu dia kelima cemilan khas Jepang yang sayang kalau sampai terlewatkan menikmatinya saat di Jepang, dan di Indonesia juga sudah ada yang menjual cemilan tersebut. Baca juga, Putra Mahkota Jepang yang siap menggantikan sang Kaisar

Tinggalkan Balasan