Apa Itu Sake Dan Bagaimana Sejarahnya

Apa Itu Sake ?

Sake adalah minuman khas jepang yang mengandung alkohol yang dibuat dari hasil fermentasi beras, sering dijuga disbut dengan istilah anggur beras.

apa itu sake

Di Jepang kata sake memiliki arti minuman beralkohol, tetapi di beberapa daerah regional dapat memiliki arti lain, seperti misalnya di Kyushhu Selatan sake memiliki arti minuman yang disuling, di okinawa sake lebih merujuk ke shochu minuman yang terbuat dari tebu. Bila dicium sake memiliki aroma yang khas yang mirip seperti tape beras indonesia.

Minuman sake ini dibuat melalui tiga tahap fermentasi yang melibatkan koji dari beras yang telah ditumbuhi cendawan, cendawan adalah sebuah bibit awal yang akan dilanjutkan proses sterilisasi pada suhu yang sangat rendah. Penggunaan jenis awal ini menjadi point yang sangat penting karena akan memberikan hasil terjadinya fermentasi yang sempurna dan serentak, baik dalam masa maromi atau masa utama, ketiga tahap tersebut terdiri dari pembuatan koji, pembuatan massa moto, dan yang terakhir massa moromi.

apa itu sake

Ketika tahun baru orang – orang Jepang biasanya meminum sake khusus yang disebut toso, Toso sendiri adalah semacam iwai zake yaitu sebuah obat cina yang dibuat dengan cara merendam tososan semalaman ke dalam sake. Anak – anak di Jepang juga ikut mendapat porsi meminum toso pada tahun baru, di berapa daerah ada peraturan berupa urutan meminum toso yang dimuali dari orang yang paling muda hingga yang paling tua.

Sake juga sering dikonsumsi sebagai bagian dari ritual pemurnian Shinto, dalam sebuah upacara yang bernama kagami biraki, tong kayu tempat fermentasi sake dibuka dengan palu pada festival shinto, pembukaan toko, pernikahan, kemenangan pemilu, olimpiade, dan perayaan – perayaan lainnya. Sake ini biasanya disebut Zake Iwai yang memiliki ari sake perayaan. Sake perayaan akan diberikan secara gratis kepada semua orang dengan harapan agar berbagi keberuntungan dan nasib baik.

apa itu sake

Di beberapa negara lain, minuman ini juga diproduksi seperti di China dan Korea, tetapi hasil akhirnya berbeda – beda dengan sake jepang. Perbedaan ini deisebabkan oleh perbedaan penggunaan dan pemanfaatan kapang (koji) yang berfungsi untuk memecahkan pati. Koji Jepang dibuat dari kapang yang ditumbuhkan pada beras yang sudah dikukus atau pada tepung terigu, bila memakai terigu biasanya tidak digunakan metode pengukusan terlebih dahulu, pada koji china kapang yang digunakan umtuk ditumbuhkan adalah phycomycetes berbeda dengan jenis kapang digunakan pada pembuatan koji di Jepang yaitu ascomycetes.

apa itu sake

Nah itu dia pengertiaan dan sejarah dari minuman khas jepang yang terkenal di seluruh dunia, jadi sudah tahu kan apa itu sake? semoga artikel ini bermanfaat ya. Baca juga, Mengenal 3 Komikus Handal dari Jepang 

Pencarian Terkait

Beri rating artikel ini!
Tag:
author

Penulis: 

Biodata Mbak Mikenya Nyusul ya … Boleh lihat lihat Facebooknya dulu